PENDAMPINGAN GURU SD DALAM PENERAPAN DAN PEMBUATAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DAN BAHASA INGGRIS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA BARANG BEKAS

Authors

  • Aseptiana Parmawati IKIP Siliwangi
  • Siti Ruqoyyah IKIP Siliwangi
  • Muhammad Ghiyats Ristiana IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6866

Abstract

Kesiapan dan pemahaman terhadap Kurikulum 2013 harus dimiliki oleh semua guru. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di gugus SD di Kelurahan Cimahi Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi, kami dapati bahwa sebagian besar guru di gugus tersebut kurang memiliki kesiapan yang mumpuni dalam mengaplikasikan kurikulum terbaru selama pembelajaran. Hal ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesiapan dan pemahaman para guru dalam menerapkan model pembelajaran yang terbarukan, serta media pembelajaran yang digunakan kurang memiliki kebermanfaatan dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Project Based Learning. Walaupun media berbasis teknologi sedang popular, kehadiran media pembelajaran konvensional tidak dapat dinafikan kegunaannya. Media pembelajaran dapat dibuat menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar kita. Diantara dengan menggunakan media barang bekas. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pendampingan bagi para guru SD dalam penerapan dan pembuatan bahan ajar Matematika dan Bahasa Inggris berbasis Project Based Learning menggunakan media barang bekas. Metode yang dipilih dalam melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat ini ini adalah pelatihan/pendampingan, diskusi, dan tanya jawab (Transfer Ilmu Pengetahuan). Berdasarkan hasil interview, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan ini, kemampuan profesionalisme para guru mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

 

Kata Kunci : Project Based Learning, Bahasa Inggris, Matematika, Barang Bekas

References

Amini, R. (2015). Pengaruh penggunaan project based learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, (Vol. 21).

Ekayanti, N. L. P. (2016). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Bali: Jurnal Pgsd Fip Universitas Pendidikan Ganesha. Online. Https://Www. Researchgate. Net/Publication/3151, 5651.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan, (3), 82440.

Kristiantari, M. R. (2015). Analisis kesiapan guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik integratif menyongsong kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2).

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan. Kata Pena.

Laila, A., & Sahari, S. (2016). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2).

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1).

Pratiwi, D. E., Wulansari, B. Y., & Kristiana, D. (2020). Pengembangan Program Plepah Sebagai Media Kreativitas Anak Usia Dini Di Sekolah Alam Sabila. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 56-63.

Purwanto, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Sasaran Dalam Penyusunan Rpp Yang Baik Dan Benar Sesuai Kurikulum 2013 (Kurtilas) Semester Satu Tahun Pelajaran 2018/2019 Di Smp Negeri 9 Mataram Melalui Pendampingan Berbasis Mgmp. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(1).

Riyana, C. (2008). Konsep Dan Aplikasi Media Pembelajaran. Jakarta: Mercubuana.

Sunuyeko, N., Lani, A., & Wahyuni, L. (2017). Analisis kebutuhan guru dalam pengimplementasian kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(1), 18-26.

Wangid, M. N., Mustadi, A., Erviana, V. Y., & Arifin, S. (2014). Kesiapan Guru Sd Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik-Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Diy. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 175-182.

Downloads

Published

2022-02-21

Issue

Section

Articles