PELATIHAN DALAM MERANCANG DAN MEMBUAT MEDIA BAHAN BEKAS YANG INOVATIF DAN INTERAKTIF BAGI TUTORS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)

Efransyah Efransyah(1*), Dedi Junaedi(2), Helsa Feby Kurnia(3)

(1) English Education of IKIP Siliwangi
(2) Bahasa Indonesia IKIP Siliwangi
(3) English Education of IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Sejak pemerintah melaksanakan amanat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70/2009 tentang pendidikan inklusi yang mana aturan di dalamnya mengintegrasikan anak autis dari sekolah khusus ke sekolah umum merupakan gerbang memandirikan mereka. Dengan berlakunya aturan tersebut berarti setiap sekolah baik negeri maupun swasta wajib menerima siswa yang berkebutuhan khusus (ABK). Hal ini akan memunculkan permasalahan baru bagi sekolah yang belum memiliki kesiapan system dalam menerapkan methode proses belajar dan mengajar yang mengintegrasikan anak autis dalam sekolah umum. Sekolah mitra merupakan salah satu dari sekolah yang memiliki masalah dalam hal penyediaan media pembelajaran khususnya bagi anak autis dalam pengajaran bahasa Inggris yang inovatif. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal dibutuhkan kreativitas para guru dalam merencanakan dan menyediahkan media pebelajaran yang inovatif karena hal itu dapat berdampak pada minat siswa yang rendah dalam memahami pembelajaran bahasa Inggris khususnya bagi anak berkebutuhan khusus. Solusi permasalahan yang ditawarkan dalam Program Kemitraan Masyarakat Stimulus ini yaitu memberikan pelatihan terhadap para guru dalam merancang dan membuat media barang bekas yang inovatif. Pelatihan tersebut berupa diskusi tentang perancangan dan pembuatan media barang bekas yang terbuat dari bahan baku yang mudah didapatkan dari lingkungan sekitar. Media-media pembelajaran tersebut dirancang agar para siswa autis (ABK) dapat memahami dan mengaplikasikan bahasa inggris dasar yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pelatihan tersebut diharapkan para guru mendapatkan ilmu dalam merancang sekaligus membuat media pembelajaran bahasa Inggris yang inovatif dan interaktif khususnya untuk pengajaran anak yang berkebutuhan khusus (ABK). Media pembelajaran yang dipelajari dan dibuat dalam pelatihan ini diharapkan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah SMP Inklusi sederajat.


Keywords


Media Barang Bekas, Kreatif, Inovatif, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nugraeni E N & Kristian D L. 2018. Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) untuk Meningkatkan Keterampilan Kosakata Bahasa Inggris bagi Siswa Tunagrahita. Jurnal Lingua Applikata vol.1, N.2.

Ratno., Damanik., & Amansyah (2016). Pemanfaatan Barang Daur Ulang Untuk Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Di Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 23 No. 1

Robson, Pam. 1995. Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD 07 Salule Mamuju Utara. Journal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No.2.

Triani, N & Amir. 2013. Pendidikan anak Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar, Slow Learner. PT. Luxima Metro Media.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional Pasal 5 Ayat 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/as.v5i1.6915

Article Metrics

Abstract view : 41 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher Address:

Jl. Terusan Jend. Sudirman, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarkat, IKIP Siliwangi
Gedung A Lantai 2 Ruang A24

Email: abdimassiliwangi@gmail.com
Click to access: Abdimas Siliwangi


E-ISSN : 2614-6339

P-ISSN : 2614-7629


View My Stats