PELATIHAN PENULISAN FEATURE PADA SISWA MIDDLE SCHOOL SEKOLAH ALAM PURWOKERTO

Authors

  • Adita Miranti Universitas Amikom Purwokerto
  • Wiwi Susanti
  • Mohammad Nabbil Rabani

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6942

Keywords:

Menulis, Feature, Siswa

Abstract

Sebagai suatu kegiatan untuk mengekspresikan diri serta menuangkan ide dan pikiran menulis juga merupakan sarana untuk mengomunikasikan sebuah pikiran ke dalam bentuk cerita. Namun perkembangan era digital seperti saat ini tidak diimbangi minat membaca dan menulis yang tinggi oleh para siswa. Penelitian ini menunjukan bahwa sulitnya mengemukakan ide dalam bentuk tulisan serta semangat untuk menulis yang rendah dari para siswa. Penelitian yang dilakukan di Sekolah Alam Purwokerto ini bertujuan untuk merangsang minat membaca dan menulis siswa, melalui penulisan feature sebagai tulisan kreatif yang dirancang untuk memberikan informasi dengan mengedepankan Human Interest yang berpijak pada fakta dan data dengan gaya penulisan sastra.

Author Biography

Adita Miranti, Universitas Amikom Purwokerto

Adita Miranti, dilahirkan di Jakarta, 28 Juli
1991, adalah Dosen di Jurusan Podi Ilmu Komunikasi
Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Amikom
Purwokerto. Merampungkan Studi S1 di Jurusan
Ilmu Komunikasi Institut Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik (IISIP) Jakarta (2013); Program Magister
(S2) Ilmu Komunikasi di Pascasarjana Universitas
Sebelas Maret Surakarta (UNS) Tahun 2017. Mata
kuliah yang dibina selama ini adalah Filsafat Komunikasi, Dasar-dasar
Juranlistik, dan Dasar-dasar Fotografi.
Menulis artikel ilmiah di Jurnal KnE Social Sciences tentang Visual
Hyper Reality of Teenagers in Social Media with Photographs as Communication
Media Tahun 2017, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat tentang
Pelatihan Jurnalistik dalam Membangun Literasi Media tahun 2020,
Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora tentang Dehumanisasi Perempuan
Di Era Digital 4.0 tahun 2020. Dan menulis di Jurnal Ekonomi, Sosial
& Humaniora tentang Media Baru Dan Informasi Program Keluarga
Berencana Pada Duta Kb Di Kota Surakarta tahun 2019, menulis di EPRA
International Journal of Multidisciplinary Research, tentang Understanding Popular
Culture In A Power Frame Tahun 2017.

References

Abdurrahman, Ellya Ratna. 2003. evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Padang: FBSS UNP.

Artajaya, Gede Sidi. 2013. “Pembelajaran Drama dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas XII.A SMA Negeri 3 Singaraja†Jurnal Penelitian Pendidikan. (online), Vol.1.No.4

Ermanto. 2005. wawasan Jurnalistik Praktis. Yogyakarta: Cinta Pena

Husnun N Djuraid. 2012. Panduan Menulis Berita. UMM: Malang

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jagakarsa: PT Rajagrafindo Persada

Muhammad Rohmadi. 2011. Jurnalistik Media Cetak. Cakrawala Media: Surakarta

Nugiantoro, Burhan. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE

Zulela MS. 2014. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. (online), Vol.1. No.1

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles