PELATIHAN PENULISAN FEATURE PADA SISWA MIDDLE SCHOOL SEKOLAH ALAM PURWOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6942Kata Kunci:
Menulis, Feature, SiswaAbstrak
Sebagai suatu kegiatan untuk mengekspresikan diri serta menuangkan ide dan pikiran menulis juga merupakan sarana untuk mengomunikasikan sebuah pikiran ke dalam bentuk cerita. Namun perkembangan era digital seperti saat ini tidak diimbangi minat membaca dan menulis yang tinggi oleh para siswa. Penelitian ini menunjukan bahwa sulitnya mengemukakan ide dalam bentuk tulisan serta semangat untuk menulis yang rendah dari para siswa. Penelitian yang dilakukan di Sekolah Alam Purwokerto ini bertujuan untuk merangsang minat membaca dan menulis siswa, melalui penulisan feature sebagai tulisan kreatif yang dirancang untuk memberikan informasi dengan mengedepankan Human Interest yang berpijak pada fakta dan data dengan gaya penulisan sastra.
Referensi
Abdurrahman, Ellya Ratna. 2003. evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Padang: FBSS UNP.
Artajaya, Gede Sidi. 2013. “Pembelajaran Drama dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas XII.A SMA Negeri 3 Singaraja†Jurnal Penelitian Pendidikan. (online), Vol.1.No.4
Ermanto. 2005. wawasan Jurnalistik Praktis. Yogyakarta: Cinta Pena
Husnun N Djuraid. 2012. Panduan Menulis Berita. UMM: Malang
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jagakarsa: PT Rajagrafindo Persada
Muhammad Rohmadi. 2011. Jurnalistik Media Cetak. Cakrawala Media: Surakarta
Nugiantoro, Burhan. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE
Zulela MS. 2014. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. (online), Vol.1. No.1
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).