PEMANFAATAN TEKNOLOGI MESIN PADA PRODUKSI KOPI UD MUTIARA DESA MELALUI GRINDER ELEKTRIK

Abdul Basit, Trismawati Trismawati, Ahmad Izzudin

Abstract


Tren meminum kopi menjadi gaya hidup khususnya kaum milenial. Mutu bubuk kopi salah satunya ditentukan oleh proses pengolahan. Proses mengolah yang tepat akan menghasiolkan bubuk kopi berkualitas. Ini yang disadari dan menjadi perhatian utama oleh mitra yakni UD Mutiara Desa. Dengan menggunakan mesin elektrik grinder, UD Mutiara Desa menghasilkan kopi bermutu, berkualitas dan memiliki daya saing. Sebelum mengenal mesin grinder elektrik, pengolahan kopi dilakukan secara manual. Mitra pun menyewa mesin tersebut karena belum memilikinya. Mesin grinder elektrik membuat proses pengolahan lebih cepat. Karena itu proses pengolahan berjalan lebih efektif dan efisien dari sisi tenaga maupun biaya. Tidak hanya itu, mitra lewat skema pengembangan masyarakat ini dibantu untuk meluaskan jaringan penjualan secara online dengan mengenalkan manajemen system pemasaran berbasis web (web-based marketing manajemen) dan information and technology based financial system (IT-based FS) peningkatan juga dikenalkan dari sisi kemasan agar lebih menarik bagi pelanggan dengan menyertakan sistem kode batang, kode kadaluarsa dan label halal MUI. Adanya perbaikan dari proses produksi sampai kepada perbaikan kemasan diakui mitra meningkatkan kepercayaan pelanggan akan mutu dan kualitas sekaligus menempatkan produk pada level pemasaran produk sejenis yang lebih popular. Dengan berada pada pemasaran yang sama, maka diharapkan penjualan akan meningkat disertai dengan kepercayaan pelanggan.


Full Text:

PDF

References


Achyani. (2018). Peningkatan Nilai Tambah Komoditas Perkebunan Petani Kopi Organik Di Desa Srimenanti Lampung Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ethos, 11–18.

Fibriyanto. (2015). Pengaruh Perbedaan Stimulus Haptic Terhadap Persepsi Kekentalan Secara Oral Pada Kopi Instan Panas Dan Dingin. Jurnal Rekapangan, 9(2), 1–9.

Hasan. (2020). Laporan Keuangan dan Omset UD Mutiara Desa (1st ed.). Mutiara Desa.

Ihsaniyati, H. (2020). Edukasi Adopsi Standar Mutu Berbasis Indikasi Geografis pada Petani Kopi di Kabupaten Temanggung. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 59–65.

Jamil, A. (2019). pi Indonesia di Pasar Global. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian, 8(1), 26–35.

Komunitas Pertanian Sub Sektor Perkebunan. (2017). Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian:

Luthfianto, S. (2020). Inovasi Limbah Plastik dan Kulit Kopi Menjadi Paving Block di Desa Penakir Pemalang. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 176–185.

Maligan, J. . (2020). Pengembangan Produk Kopi Premium Dengan Metode QFD Sebagai Produk Unggulan Kelompok Tani Kopi Makmur Abadi. Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 8(4), 185–196.

Mardiah, S. . (2019). Perilaku Petani Kopi Kelompok Tani Makarti Utomo Di Dusun Genting Desa Getas Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. SOCA (Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian), 13(2), 218–233.

Nafisah, D., & Widyaningsih, T, D. (2018). Kajian Metode Pengeringan Dan Rasio Penyeduhan Pada Proses Pembuatan Teh Cascara Kopi Arabika (Coffea arabika L.). Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 6(3), 37–47.

Priambudi, Y. . (2014). Sistem Klasifikasi Rasa Kopi Berbasis Electronic Tongue Menggunakan Madaline Neural Network. , (),. IJEIS, 4(2), 201–210.

Trinafianita, E., & Widyaningsih, T. D. (2018). Kajian Perlakuan Awal Bahan dan Proporsi Penyeduuhan Kopi Bubuk : Air Pada Proses Pembuatan Kopi Dari Kulit.

Yusni, & Rahman, S. (2019). Kebiasaan Konsumsi Kopi Teratur dan Pengaruhnya Terhadap Resorpsi Tulang: C-Telopeptida dan Kalsium Serum Pada Olahragawan. Jurnal Gizi Indonesia. The Indonesian Journal of Nutrition, 7(2), 92–98.

Zia, K. (2019). Karakteristik Fisikokimia dan Sensori Permen Jelly Kulit Buah Kopi (Pulp) dengan Penambahan Gelatin dan Sari Lemon (Citrus Limon L). Jurnal Teknologi Dan Industri Pertanian Indonesia, 11(1), 32–38.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.7366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi
Building A, Second Floor, Room A-16
IKIP Siliwangi, Cimahi, West Java Indonesia, 40526
Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: abdimas_siliwangi@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Abdimas Siliwangi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



View My Stats