PENGENALAN DESIGN-THINKING MENGGUNAKAN CANVA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS

Authors

  • Robby Tan Program Studi S1 Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Maranatha
  • Oscar Karnalim Program Studi S1 Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Maranatha
  • Maresha Caroline Wijanto Program Studi S1 Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Maranatha
  • Diana Trivena Yulianti Program Studi S1 Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Maranatha
  • Risal Risal Program Studi S1 Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Maranatha
  • Doro Edi Program Studi S1 Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Maranatha
  • Teddy Marcus Zakaria Program Studi S1 Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Maranatha
  • Sendy Ferdian Sujadi Program Studi S1 Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Maranatha
  • Rossevine Artha Nathasya Program Studi S1 Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Maranatha

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i2.9707

Keywords:

Canva, design-thinking, user interface, user experience

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan mempengaruhi proses penyampaian dan cara belajar siswa. Pola pembelajaran yang dahulu merupakan teacher-centered learning bergeser ke student-centered learning. Salah satu bagian dari pergeseran pola belajar ini adalah semakin dalamnya integrasi (TIK) dalam pendidikan. Pengajar akan menggunakan TIK dalam menjelaskan materi-materi yang diberikan dan siswa akan menggunakan TIK untuk membuat tugas-tugas yang diberikan. Canva merupakan salah satu kakas yang dapat digunakan sebagai media dan penyampaian pembelajaran dengan konsep design-thinking. Konsep pembelajaran tersebut diusung dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang ditujukan untuk siswa sekolah menengah tingkat atas (SMA). Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring secara paralel untuk tujuh kelas tingkat XI yang diawali dengan penyampaian materi kemudian dilanjutkan dengan pembuatan proyek Canva secara berkelompok. Tema yang diusung pada pembuatan proyek ini adalah pengembangan budaya wisata dan kuliner yang ada pada daerah masing-masing anggota kelompok. Melalui proyek ini, siswa diajak untuk saling berkolaborasi secara daring untuk menggabungkan ide dan kreativitas sehingga menghasilkan sebuah karya yang dengan memperhatikan target dan point-of-view audiensi. Evaluasi dari kegiatan yang dilaksanakan menunjukkan bahwa materi yang diberikan dapat menarik minat siswa untuk mengembangkan kemampuan yang dapat berguna selama proses pembelajaran di sekolah.

References

Canva. (t.thn.). Learn to Solve a Problem Like a Designer. Dipetik October 12, 2021, dari https://www.canva.com/learn/design-thinking/

Christiana, E., & Anwar, K. (2021). The Preception of Using Technology Canva Application as a Media for English Teacher Creating Media Virtual Teaching and English Learning in Loei Thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 62-69.

Fadzil, H. M. (2018). Designing Infographics for the Educational Technology Course: Perspective of Pre-Service Science Teachers. Journal of Baltic Science Education, 17(1), 8-18.

Ferreira, C., Baptista, M., & Arroio, A. (2013). Teachers' Pedagogical Strategies for Integrating Multimedia Tools in Science Teaching. Journal of Baltic Science Education, 12(4), 509-524.

IMG online. (2018). Cut Photo Into Equal Parts Online. Dipetik October 5, 2021, dari https://www.imgonline.com.ua/eng/cut-photo-into-pieces.php

Komalasari, Y., Muharrom, M., & Sumbaryadi, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kel. Kebon Bawang Jakarta Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 71-77.

PineTools. (2016). Split Image Online. Dipetik October 5, 2021, dari https://pinetools.com/split-image

Postcron. (2015). Resize, Convert, Split, Crop Your Image Online. Dipetik October 5, 2021, dari https://postcron.com/image-splitter/en/

Rosidah, A. (2021, November 5). Memanfaatkan Canva for Education untuk Membuat Media Pembelajaran Digital. Diambil kembali dari https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/memanfaatkan-canva-for-education-untuk-membuat-media-pembelajaran-digital/

Senjaya, W. F., Karnalim, O., Handoyo, E. D., Santoso, S., Tan, R., Edi, D., & Wijanto, M. C. (2019). Peran Infografis Sebagai Penunjang Dalam Proses Pembelajaran Siswa. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 55-62. doi:10.24071/altruis.2019.020108

Tan, R., Wijanto, M. C., Karnalim, O., Budi, S., Ayub, M., Yulianti, D. T., . . . Nathasya, R. A. (2021). Pengembangan Pola Berpikir Sistematis Melalui Pengenalan Pemrograman Visual Pada Peserta Didik Tingkat Menengah Atas. Altruis Journal of Community Service, 98-102. doi:10.22219/altruis.v2i4.18427

Downloads

Published

2022-06-23

Issue

Section

Articles