PENGUATAN KADER KESEHATAN DESA MELALUI SOSIALISASI OLAHRAGA KESEHATAN BAGI MASYARAKAT DALAM UPAYA MEMBENTUK MASYARAKAT SEHAT DAN MANDIRI DI DESA CIHAUR KECAMATAN MAJA KABUPATEN MAJALENGKA

Pajar Anugrah Prasetio(1*), Febby Fajar Nugraha(2)

(1) Prodi PGSD, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan
(2) Prodi PGSD, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan
(*) Corresponding Author

Abstract


Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan Penguatan Kader Kesehatan Desa Melalui Sosialisasi Olahraga Kesehatan Bagi Masyarakat dalam Upaya Membentuk Masyarakat Sehat dan Mandiri Di Desa Cihaur Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Sasaran penguatan kader kesehatan desa adalah ingin membentuk kader kesehatan yang mempunyai banyak kompetensi untuk memberikan olahraga promotif yang bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk mencegah berbagai penyakit hipokinetik, masyarakat Desa Cihaur dalam membentuk masyarakat yang sehat dan mandiri, serta partisipasinya dalam kegiatan olahraga ditinjau dari unsur intrinsik dan ekstrinsik. dengan melalui sosialisasi olahraga kesehatan bagi masyarakat. Kegiatan Pengabdian kepada Masayarakat (PkM) dilakukan dengan metode pendekatan workshop, meliputi: (1) Metode ceramah, (2) Metode Tanya Jawab, (3) Metode diskusi, (4) Metode Penugasan dan pendampingan sosialisasi pentingnya olahraga kesehatan bagi masyarakat. Hasil dari Penguatan Kader Kesehatan Desa Melalui Sosialisasi Olahraga Kesehatan Bagi Masyarakat Dalam Upaya Membentuk Masyarakat Sehat Dan Mandiri Di Desa Cihaur Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka,  yaitu : (1) Wawasan dan motivasi para Kader Kesehatan Desa tentang pentingnya Olahraga Kesehatan Bagi Masyarakat Dalam Upaya Membentuk Masyarakat Sehat Dan Mandiri Di Desa Cihaur Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka lebih meningkat. (2) Adanya peningkatan kualitas hidup sehat, terciptanya masyarakat Desa Cihaur yang sehat dan mandiri.


Keywords


Kata Kunci : Kader Kesehatan, Olahraga Masyarakat, Masyarakat Sehat dan Mandiri

Full Text:

PDF

References


Abdurrachman, M., Alfin., dan Gigih, S. (2021). Analisis Motivasi Masyarakat Bersepeda Dimasa Pandemi Coivd-19. Jurnal Prestasi Olahraga.

Andi, Kartika. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aset, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia.

Arifin, Pendi Sambo. (2018). Pentingnya Kesadaran Masyarakat Terhadap Berolahraga Secara Teratur Pada Usia Produktif 20-40 Tahun Di Desa Paron Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Simki-Techsain Vol. 02 No. 04 Tahun 2018 ISSN : 2599-3011

Apituley, Tracy L. D., Dkk. (2021). Pengaruh Olahraga Terhadap Coronavirus Disease 2019. Jurnal Biomedik. 13(1):111-117.

Ayu Laksmi, Zsa-Zsa., Dkk. (2018). Hubungan Body Image Dengan Perilaku Makan Dan Kebiasaan Olahraga Pada Wanita Dewasa Usia 18-22 Tahun (Studi Pada Mahasiswi Program Studi Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Kedokteran Diponegoro: Vol. 7, No 2.

BPS Kabupaten Nganjuk. (2021). Kabupaten Nganjuk Dalam Angka 2021. Nganjuk: CV. Azka Putra Pratama.

Darma Sitepu, Indra. (2017). Pembentukan Karakter Melalui Partisipasi Dalam Olahraga. Jurnal Pedagogik Olahraga : Vol. 3 No. 2.

Natalia, D. (2016). Partisipasi masyarakat dan tingkat kebugaran jasmani bagian dari pembangunan olahraga Kabupaten Wonogiri. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia: 6(2), Pp. 41-46. Doi: 10.15294/Miki.V6i2.8746

Syafrudin, Hamidah. (2009). Kebidanan komunitas. Jakarta: EGC.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/as.v5i2.9716

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher Address:

Jl. Terusan Jend. Sudirman, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarkat, IKIP Siliwangi
Gedung A Lantai 2 Ruang A24

Email: abdimassiliwangi@gmail.com
Click to access: Abdimas Siliwangi


E-ISSN : 2614-6339

P-ISSN : 2614-7629


View My Stats