Strategi pemasaran dalam meningkatkan kinerja UMKM melalui digitalisasi Desa Sukaimut Kabupaten Kuningan

Strategi pemasaran dalam meningkatkan kinerja UMKM melalui digitalisasi Desa Sukaimut Kabupaten Kuningan

Authors

  • Micki Watulandi Kuningan Unversity
  • Wely Hadi Gunawan Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v8i1.25322

Abstract

Era digital telah menghadirkan peluang besar bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperluas pasar dan meningkatkan kinerja bisnis melalui digitalisasi. Namun, UMKM di daerah pedesaan sering kali menghadapi berbagai tantangan, seperti akses internet yang terbatas dan kurangnya pengetahuan serta keterampilan dalam memanfaatkan teknologi digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendukung UMKM di desa dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi digital untuk strategi pemasaran yang lebih efektif. Program ini mencakup penjelasan, pelatihan, dan pendampingan mengenai pemasaran digital, termasuk e-commerce, pemasaran di media sosial, dan WhatsApp marketing, dengan metode seminar, demonstrasi, dan praktik langsung. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman dan kemampuan pelaku usaha desa dalam mengadopsi strategi pemasaran digital, serta dengan memanfaatkan Social Media, E-Commerce, dan Whatsapp Marekting  sebagai sarana untuk meningkatkan Kinerja Binis UMKM.

References

Dodi, D., Oktaviani, W., & Mahsyar, J. H. (2023). Inovasi digital bisnis pada bumdes dan umkm di desa tirtawangunan, kecamatan sindangagung, kabupaten kuningan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(11), 6993-7000.

Harjadi, D. (2022). Dampak Orientasi Kewirausahaan dan Strategi Usaha Terhadap Daya Saing Dalam Meningkatkan Kinerja Bisnis (Studi Kasus Pelaku UMKM Pemerintah Kabupaten Kuningan). Journal Manajemen Motivas.

Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442–448. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866

Imron, M. S., & Nurdian, Y. (2021). Digitalisasi pemasaran keripik tempe dalam menghadapi persaingan dagang selama pandemi Covid-19. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 65–76. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.3129

Masruroh, R., Maulana, Y., Wachjuni, W., & Iskandar, I. (2023). Literasi Digitalisasi Bisnis Bagi Umkm Di Kelurahan Cijoho Kecamatan Kuningan Jawa Barat. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.1591

Prayogi, A., & Kirom, M. I. (2022). Pendampingan Pengembangan Digitalisasi Umkm Masyarakat Desa Wonoyoso Pekalongan Menghadapi Era New Normal. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 14–24. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.652

Rahmadani, A. P., Agustina, D., Khuzaimah, D., Ningsih, E. C. W., Assafillia, F., Kurniawati, K. D., Imanulloh, M., Rohim, R. N., Izzati, S. Z., Nurlaeli, I., & Jannah, Z. (2023). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan UMKM Dalam Digitalisasi Marketing. Jurnal Literasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 57–66. https://doi.org/10.61813/jlppm.v2i2.39

Watulandi, M., Hadi Gunawan, W., Dwi Agustina, R., & Agustina, T. (2024). UMKM level up mengembangkan produk umkm untuk menghadapi pasar global di Desa Kertawinangun Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Abdimas Siliwangi, 7(1), 18–26. https://doi.org/10.22460/as.v7i1.21532

Wusqo, A. U., Fridayanti, B. E., & Aisyah, S. (2023). Pengembangan dan Pendampingan UMKM Dompet Kulit Melalui Digitalisasi Marketing Berbasis Marketplace Shopee Untuk Menunjang Pemasaran dan Peningkatan Penjualan. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9482

Downloads

Published

2025-03-25
Loading...