Pemberdayaan masyarakat Desa Sooko melalui pembelajaran keuangan: Pemahaman arus kias dan strategi menabung untuk keberlanjutan ekonomi

Pemberdayaan masyarakat Desa Sooko melalui pembelajaran keuangan: Pemahaman arus kias dan strategi menabung untuk keberlanjutan ekonomi

Authors

  • Kevin Halim Mahasiswa Universitas Kristen Petra
  • Sefen Timothy Tandarto
  • Adrianus Bryan Setiawan
  • Nanik Linawati

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v8i2.27124

Keywords:

literasi keuangan, arus kas, pengelolaan keuangan, warga desa

Abstract

Pengelolaan keuangan yang baik masih menjadi tantangan bagi warga desa Soko, terutama akibat rendahnya literasi keuangan di kalangan mereka. Salah satu permasalahan utama yang dihadapi adalah ketidakmampuan untuk memahami dan mencatat arus kas rumah tangga secara terstruktur. Hal ini menyebabkan mereka kesulitan dalam mengatur keuangan, membedakan antara kebutuhan dan keinginan, serta tidak memiliki gambaran yang jelas mengenai kondisi keuangan mereka. Selain itu, mayoritas warga juga tidak memiliki dana darurat atau tabungan, yang membuat mereka rentan terhadap masalah keuangan di saat-saat sulit. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menekankan pentingnya selektif dalam menggunakan uang mereka untuk keperluan hidup dengan mempertimbangkan skala prioritas dan mengenai pentingnya pencatatan arus kas sebagai langkah awal dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik. Warga diajarkan untuk mengutamakan pembelian kebutuhan yang sesuai dengan fungsi, bukan berdasarkan keinginan semata. Dengan pendekatan ini, diharapkan warga dapat lebih bijaksana dalam mengelola pengeluaran mereka, sehingga dapat menciptakan kondisi keuangan yang lebih stabil dan terencana.

References

Arianti, B. F. (2018). The influence of financial literacy, financial behavior and income on investment decision. EAJ (Economic and Accounting Journal), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32493/eaj.v1i1.y2018.p1-10

Harianto, A., Ester, & Zulkheiri. (2023). The Analysis of Statement of Cash Flow in Assessing the Financial Performance at PT Akasha Wira International TBK: Jurnal Kolaboratif Sains, 6(7), Article 7. https://doi.org/10.56338/jks.v6i7.3943

Ingale, K. K., & Paluri, R. A. (2020). Financial literacy and financial behaviour: A bibliometric analysis. Review of Behavioral Finance, 14(1), 130–154. https://doi.org/10.1108/RBF-06-2020-0141

Luhsasi, D. I. (2021). Pengelolaan Keuangan: Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Mahasiswa. Ecodunamika, 4(1), Article 1. https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/5227

Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, & Iswati, H. (2022). Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Abdi Moestopo: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654

Potrich, A. C. G., Vieira, K. M., & Kirch, G. (2015). Determinants of Financial Literacy: Analysis of the Influence of Socioeconomic and Demographic Variables. Revista Contabilidade & Finanças, 26, 362–377. https://doi.org/10.1590/1808-057x201501040

Saraswati, A. M., & Nugroho, A. W. (2021). Perencanaan Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z di Masa Pandemi Covid 19 melalui Penguatan Literasi Keuangan. Warta LPM, 24(2), Article 2. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.13481

Sivaramakrishnan, S., Srivastava, M., & Rastogi, A. (2017). Attitudinal factors, financial literacy, and stock market participation. International Journal of Bank Marketing, 35(5), 818–841. https://doi.org/10.1108/IJBM-01-2016-0012

Widyakto, A., Liyana, Z. W., & Rinawati, T. (2022). The influence of financial literacy, financial attitudes, and lifestyle on financial behavior. Diponegoro International Journal of Business, 5(1), 33–46. https://doi.org/10.14710/dijb.5.1.2022.33-46

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330

Downloads

Published

2025-06-08

Issue

Section

Articles
Loading...