Pemanfaatan artificial intelligence (AI) untuk perencanaan karier peserta didik di MAN Kota Cimahi

Pemanfaatan artificial intelligence (AI) untuk perencanaan karier peserta didik di MAN Kota Cimahi

Authors

  • Siti Fatimah IKIP Siliwangi
  • Williya Novianti Bimbingan dan Konseling, IKIP Siliwangi
  • Tiara Agustine Bimbingan dan Konseling, IKIP Siliwangi
  • Lulu Noorkholisoh Bimbingan dan Konseling, IKIP Siliwangi
  • Yusrika Layla Fazrin Bimbingan dan Konseling, IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v8i2.27322

Keywords:

kecerdasan buatan , perencanaan karier, peserta didik, Madrasah Aliyah

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan eksplorasi potensi diri melalui asesmen berbasis artificial intelligence (AI) pada peserta didik kelas 12 MAN Kota Cimahi. Latar belakang kegiatan ini didasarkan pada kebutuhan akan layanan perencanaan karier yang lebih personal dan merata, terutama di tengah keterbatasan jumlah guru Bimbingan dan Konseling (BK). Dengan rasio lima guru BK untuk 842 peserta didik, layanan perencanaan karier belum dapat menjangkau seluruh siswa secara optimal. Akibatnya, banyak peserta didik belum memahami potensi dirinya secara menyeluruh dan mengalami kesulitan dalam merancang rencana karier yang sesuai. Pemanfaatan asesmen berbasis AI menjadi solusi alternatif yang menjanjikan karena dapat membantu peserta didik mengevaluasi minat, kepribadian, dan kompetensinya secara mandiri, cepat, dan akurat. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui serangkaian sesi pelatihan yang mencakup materi tentang pentingnya perencanaan karier, pemilihan jurusan berbasis AI, dan pengintegrasian teknologi AI dalam eksplorasi diri. Peserta pelatihan berjumlah 85 siswa kelas 12 di MAN Kota Cimahi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan jumlah peserta didik yang memiliki rencana karier, dari 17 menjadi 68 orang. Melalui pengenalan aplikasi seperti ChatGPT dan rencanamu.id, peserta menjadi lebih percaya diri dalam merencanakan karier di era Society 5.0.

References

Adharsyah, T. (2019, March 21). Jangan Salah Pilih Kuliah, Ini Pekerjaan yang Tren di Era 4.0. Cnbcindonesia.Com. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/news/2019 0321182918-4-62193/jangan-salah-pilih-kuliah-ini-pekerjaan-yang-tren-di-era-40

Badrianto, dkk (2025). Pengembangan Karir dan Soft Skills bagi Generasi Milenial. Jurnal Lentera Pengabdian. 3 (1). 34-40.

Chatterjee, S., Afshan, N., & Chhetri, P. (2023). Career decisiveness: the role of motivational factors and career planning attitudes. Journal of Applied Research in Higher Education, 15(4), 1095–1110. https://doi.org/10.1108/JARHE-03-2022-0107

Chen, X., Xie, H., Zou, D., & Hwang, G. (2020). Computers and Education : Arti fi cial Intelligence Application and theory gaps during the rise of Artificial Intelligence in Education. Computers and Education: Artificial Intelligence, 1, 1–5. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2020.100002

Daharnis, D., & Iswari, M. (2022). Pentingnya bimbingan karir dalam perencanaan karir siswa sekolah menengah atas. Indonesian Journal of School Counseling, 7(3), 100–107. https://doi.org/10.23916/081821011

Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178.

Fauzana, I., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Strategies to Improve Career Planning for Middle School Students. Indonesian Journal of School Counseling (2021), 6(2), 140–148. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.23916/08934011

Hadiyati, M. A., & Astuti, B. (2023). Student Careers : What Factors Influence Career Choice ? Ournal of Educational Research and Evaluation, 7(4), 608–614. https://doi.org/: https://doi.org/10.23887/jere.v7i4.61686

Hartinah, G., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2015). Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berbasis Life Skills untuk Meningkatkan Pemahaman dalam Perencanaan Karir Peserta diidk SMA. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1),43-48.

Hartono & Mudalifah, A. (2019). Layanan Klasikal Bimbingan Karier dengan Media PPT Berbasis Object Superiority Effect untuk meningkatkan Pemahaman Diri dan Pemahaman Karier Peserta diidk SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 3 (1), 1-13.

Hidayati, N., & Maloti, M. (2025). Bimbingan Karir dalam Perencanaan Karir Remaja Akhir. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 169–179. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3541

Li, J., & Cui, X. (2023). Exploration and Analysis of the Improvement Path of College Students’ Employment Ability Under the Concept of Career Planning. Journal of Contemporary Educational Research, 7(11). https://doi.org/10.26689/jcer.v7i11.5520

Mustika, I., Sarmini, S., Mulyadi, M., & Ferdilla, F. (2022). Career Planning Education For Nabilah Batam Islamic High School Students. International Journal of Engagement and Empowerment (IJE2), 2(2), 184–190.

Mula, I., & Ristiani, A. (2025). Transformasi Struktur Pekerjaan dan Kebutuhan Keterampilan di Era Teknologi AI dan Otomatisasi di Pasar Global. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1), 155–167. https://doi.org/https://doi.org/10.59603/niantanasikka.v3i1.665

Nkedishu, V. C., & Okonta, V. (2024). Artificial intelligence and future of secondary education in delta state : Implications for educational administration Implications for educational administration. Journal of Asian Scientific Research, 14(3), 277–288. https://doi.org/10.55493/5003.v14i3.5073

Nugraha, I. K. A. E., Agustini, K., & Sindu, I. G. P. (2017). Analisis Pemanfaatan E-LearningSebagai Knowledge Management dalam Mendukung Proses Pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha. Kumpulan Artikel Mahapeserta diidk Pendidikan Teknik Informatika (ISSN: 2252-9063), 6(1).

Nuryadin, R. (2023). Indonesian Journal of Primary Education The use of Artificial Intelligence in education ( Literature Review ). Indonesian Journal of Primary Education, 7(2), 143–156. https://doi.org/http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Parhusip, J., Saputra, A., Handika, C., & Parhusip, I. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Bimbingan Konseling Pada Smk Negeri 1 Muara Teweh Menggunakan Metode Rapid Application Development (Rad). Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 16(1), 61–72.

Pitoko, R. A. (2018, April 16). 57 Persen Pekerjaan Sekarang akan Tergerus Revolusi Industri 4.0. Kompas.Com. Retrieved from https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/16/ 210000326/57-persen-pekerjaan-sekarang-akan-tergerus-revolusi-industri-4.0

Prabowo, B., Samsudin, A., Widiyanti, R. N., Athrizqullah, A. T., Gunawan, & Tarigan, N. E. (2024). Analisis Perencanaan dan Pengembangan Karir Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Artificial Intelligence. 8, 1793–1799.

Putra, A. P., Akbar, S., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2024). Analisis Pemanfaatan Artificial Intelligence ( AI ) dalam Pendidikan terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 9(5), 99–105. https://doi.org/10.17977/um027v9i22024p99-105

Russell, S. J., & Norvig, P. (2021). Artificial Intelligence: A Modern Approach. Pearson.

Sharf, R.S. (1992). Applying Career Development Theory to Counseling. Brooks/Cole Publishing Company. California.

Simamora, H. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. YKPN.

Super, D. E. (1980). A life-span, life-space approach to career development. Journal of Vocational Behavior, 16(3). https://doi.org/10.1016/0001-8791(80)90056-1

Swandhina, M., & Maulana, R. A. (2022). GENERASI ALPHA : SAATNYA ANAK USIA DINI MELEK DIGITAL Refleksi Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 6(1), 1–9.

Tunç, Z., & Baş, Ö. (2024). Analysis of Studies Based on Türkiye Examining the Relationship between Artificial Intelligence and Education : A Meta Synthesis Study. Journal of Social Sciences, 38–56. https://doi.org/https://doi.org/10.33709/ictimaiyat.1532815.

Valls, V., González-romá, V., Hernández, A., & Rocabert, E. (2020). Proactive personality and early employment outcomes : The mediating role of career planning and the moderator role of core. Journal of Vocational Behavior, 119(April), 103424. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2020.103424

Walter, Y. (2024). Embracing the future of Artificial Intelligence in the classroom : the relevance of AI literacy , prompt engineering , and critical thinking in modern education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 21(15), 2–29. https://doi.org/10.1186/s41239-024-00448-3

Yulia, H. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pelaksanaan Cyber Counseling pada Pengguna Aplikasi Replika. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(11), 5321–5328.

Yupelmi, M., Giatman, M., & Syah, N. (2024). Indonesian Journal of Computer Science. 13(1), 4142–4158.

Downloads

Published

2025-06-08

Issue

Section

Articles
Loading...