PENYULUHAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PAUD HOLISTIK INTEGRATIF MELALUI APLIKASI CANVA UNTUK GURU PAUD
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i2.10339Kata Kunci:
ECE teachers, holistic-integrative ECE, innovative learning modelsAbstrak
Masa pandemik mendorong guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk terus berinovasi melahirkan beragam model pembelajaran yang mampu memfasilitasi kebutuhan anak saat Belajar Dari Rumah (BDR). Sayangnya, pemahaman dan kesiapan guru PAUD untuk mengimplementasikan kecanggihan teknologi yang ada masih belum optimal, sehingga perlu adanya penyuluhan model pembelajaran inovatif melalui beberapa aplikasi yang ada, salah satunya aplikasi Canva yang mudah diakses. Tujuan diadakan kegiatan penyuluhan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang komprehensif dan pembelakan kepada guru PAUD yang berada di Desa Paas Kecamatan Pameungpeuk, Garut Selatan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, dan workshop. Antusiasme dari para peserta kegiatan sungguh tinggi. Hal ini terlihat saat sesi diskusi, para peserta aktif bertanya terkait dengan materi yang disampaikan. Setelah dilakukan penyuluhan, pemapaham peserta terkait dengan model pembelajaran inovatif PAUD Holistik Integratif (HI) melalui aplikasi Canva mengalami peningkatan. Hal ini tergambar saat para peserta telah mampu menjelaskan kembali materi yang telah disampaikan.
Referensi
Arthur, Rene. (2009). Desain Grafis: dari mata turun ke hati. Bandung: Penerbit Kelir.
BKKBN. (2019). Panduan pelaksanaan kegiatan Bina Kelarga Balita (BKB) yang terintegrasi dalam rangka penyelenggaraan pengembangan anak usia dini holistik integratif. Jakarta: BKKBN.
Callahan, Joseph F., Leonard H. Clark. (2010) Foundation of Education. New Yor k: Macmillan Publishing Company Inc.
Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Muhibbin Syah dan Rahayu Kariadinata. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan. Bandung : Bahan Pelatihan, UIN Sunan Gunung Djati
Pramudyani, A. V. R. 2018. Kurikulum holistik integratif berbasis permainan tradisional pada PAUD di Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 86.
Saepudin, A., Ardiwinata, J. S., & Farida, E. (2016). Penyelenggaraan program PAUD holistic integratif melalui kemitraan dalam meningkatkan aspek perkembangan kognitif anak usia dini. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 142.
Sihombing, Danton. (2001). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutiah. (2019). Analisis human resource development, community development, dan networking, dalam mempengaruhi competitive advantige perguruan tinggi keagamaan islam di indonesia. Journal of Research on Community Engagement, 1(1), 20.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).