Pelatihan pengembangan keterampilan menulis artikel penelitian dan publikasi kepada guru-guru di wilayah Kabupaten Pangandaran
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i3.10465Kata Kunci:
keterampilan menulis artikel, keterampilan publikasiAbstrak
Upaya mengambangkan keterampilan menulis artikel bagi guru sekolah dasar hingga sekolah menengah sangat mendesak untuk dilakukan. Umumnya guru di Indonesia belum optimal dalam melaksanakan penelitian, membuat laporan penelitian, menghasilkan artikel berbasis penelitian, hingga mempublikasikannya pada jurnal ilmiah. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan guru dalam menulis artikel hingga pada publikasi. Program Pengabdian ini secara optimal dilakukan melalui proses pendampingan bagi guru di Pangandaran dari yang belum memiliki dasar penyusunan artikel ilmiah sampai peserta dibekali dengan beberapa materi untuk memperlancar proses penyusunan artikel ilmiah. Dilakukan pendekatan secara personal dalam pelatihan yang dilakukan sehingga diharapkan agar seluruh peserta dapat menyusun artikel ilmiah dari laporan hasil penelitian tanpa terkendala apapun dengan mengetahui ketentuan-ketentuan penyusunan artikel ilmiah. Pelatihan yang dilakukan dinilai efektif karena peserta bisa merespon dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam angket yang disebarkan setelah kegiatan berakhir dengan hasil mengalami kenaikan. Manfaat pengabdian ini membantu guru-guru di Kabupaten Pangandaran dalam menyusun artikel ilmiah yang berkualitas agar dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional.
Referensi
Ahmadi, F., Widihastrini, F., & Widhanarto, G. P. (2018). Ibm Guru Sekolah Dasar Melalui. Abdimas, 22, 138.
Ariffianto, M., & Liana, C. (2015). PROFESIONALISME GURU SMA DI LAMONGAN AVATARA , e-Journal Pendidikan Sejarah. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 3(3), 391–397.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Dewi, N. A. W. T., & Wesnawa, I. G. A., Christiawan, P. I. (2021). Profesionalisme Guru Pada Kinerja Publikasi Ilmiah Bagi Guru Ips. Proceeding Senadimas Undiksha, 145, 145–151.
Fitriani, N., & Nurfauziah, P. (2020). Pemanfaatan Media Tubomatika (Sebuah Eco Education) sebagai Upaya Menanggulangi Sampah Plastik di Kecamatan Pangalengan. Abdimas Siliwangi, 03(01), 49–59.
Marwoto, P., Sopyan, A., Linuwih, S., Subali, B., & Ellianawati, E. (2013). Peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah sains guru sekolah dasar melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal Abdimas, 17(2), 111–116.
Mawardi, M., Kristin, F., Anugraheni, I., & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan Pelatihan Partisipatif Pada Kegiatan Penulisan Dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 132–137. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p132-137
MS, Z., Siregar, Y., & Rachmatullah, R. (2017). 5359-Article Text-9328-1-10-20171228. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2).
Putra, Y. Y., & Saputra, A. (2019). Workshop Publikasi Artikel Ilmiah dalam Jurnal Nasional Guru SMP Pangkalpinang. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 207–215. https://doi.org/10.36765/jpmb.v2i2.16
Slameto, S. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 46. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p46-57
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).