PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI OPTIMALISASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (PROGRAM PENGABDIAN PADA MASYARAKAT DI DESA MARGALUYU KECAMATAN CIPENDEUY)
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v1i2p61-74.106Kata Kunci:
media, picture, worksheet, interentAbstrak
Tingkat kesadaran mengenai pendidikan secara umum dan kemampuan berbahasa Inggris yang masih rendah, menyebabkan para guru Bahasa Inggris merasa kesulitan dalam menyampaikan materi. Kurangnya inovasi serta sulitnya sarana dan prasarana menyebabkan kreativitas guru terhambat. Berdasarkan penjelasan diatas, berikut ini merupakan beberapa masalah yang dapat diidentifikasi: 1) pembelajaran bahasa Inggris yang masih berjalan kurang efektif 2) Guru membutuhkan inovasi pembelajaran baru. Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah seminar kepada para guru dengan menggunakan optimalisasi penggunaan internet, terutama media gambar dan worksheet. Materi yang diberikan meliputi : 1) penggunaan media gambar pada tingkatan sekolah SD,SMP dan SMA , 2) penggunaan worksheet dan internet. Berdasarkan penjelasan tersebut tim kami mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul ‘Penggunaan internet sebagai optimalisasi instructional media pembelajaran bahasa Inggrisâ€. Hasil dari kegiatan tersebut berjalan dengan baik. Diharapkan para guru dapat meningkatkan potensi dalam mengajar dengan terus banyak berlatih, terutama terkait teknologi.
Referensi
Azhar,Arsyad.(2002).†Media pengajaranâ€. Jakarta: PT RadjaGrafindo Persada
Bahan Ajar.(2011). “Belajar dan Pembelajaran†oleh tim penyusun FIP Universitas Negeri Padang
Cameron,Lynne. (2001).â€Teaching languages to young learnerâ€.United Kingdom : Cambridge
Carter, Stephen, Renassance.(1999).â€Management : the Rebirth Energy and Innovation in
people and Organisationâ€. USA : Biddles Ltd, Guilford and King’s Lynn.
Dedianty,Maya. (2002).â€Teacher students competences in teaching young learnerâ€. TEFLIN 2 : From policy to classroom
Daryanto.(2013).â€Media pembelajaran: peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaranâ€.Yogyakarta : Penerbit Gava Media
Mahnun,Nunu.(2012).â€Media pembelajaran : Kajian terhadap langkah pemilihan mediaâ€. UIN Suska Riau : Jurnal Pemikiran Islam Vol 37 No 1 Januari –Juni 2012
Ratnaningsih,Made.(2013).â€Pelatihan penggunaan classroom language dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar di kecamatan Sukasada Kabupaten Bulelengâ€.Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Sadiman Arief S. Dr. M.Sc. (2008).†Media Pendidikanâ€. Jakarta: RajaGarafindo Persada.
Wibowo,Wahyu Arif.(2013).â€Pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran oleh guru pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan sekolah dasar negeri se-kecamatan Mrebet Purbalinggaâ€.Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.
Yusufhadi,Miarso.(1986).â€Teknologi Komunikasi Pendidikan, Pengertian dan Penerapannya di Indonesia†. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan CV Radjawali dalam rangka ECD Project (USAID),
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).