Pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis video bagi guru pendidikan Agama Buddha
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i3.11143Kata Kunci:
Media pembelajaran, video, Guru Pendidikan Agama BuddhaAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan harapan menambah pengetahuan dan keterampilan guru dalam mebuat media pembelajaran berbasis video. Obyek kegiatan yaitu media pembelajaran berbasis video, sedangkan subyek dalam kegiatan ini adalah guru pendidikan agama Buddha yang tergabung dalam kelompok kerja guru Pendidikan agama buddha kabupaten Pati. Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 21 November 2020. Teknik kegiatan dilakukan dengan cara pendampingan. Tahapan kegiatan meliputi (1) pra acara yaitu menyususn materi presentasi, menyiapkan administrasi. (2) meminta dukungan lembaga yakni Kelompok Kerja Guru Agama Buddha kabupaten Pati. (3) pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan cara pemberian pendampingan pembuatan video pembelajaran berbasis video. (4) evaluasi hasil kegiatan melalui pemberian umpan balik oleh peserta terhadap pelaksana. Hasil PkM menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan teori dan praktik pembuatan media pembelajaran berbasis video. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil post test dan pre tes serta hasil pembuatan video pembelajaran.Â
Referensi
Andriyani, Y. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 01 Meraksa Aji Tulang Bawang. Skripsi, 119.
Iwan Falahudin. (2014). Pemanfaatana Media Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 402–416.
Nurcahyo, P. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kelistrikan Mesin & Konversi Energi di SMK N 2 Depok. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta, 1–145.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2008). Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan(SMK/MAK). Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2008, Standar Sarana dan Prasarana, 1–403.
Qorib, A., & Zaniyati, H. S. (2021). Penggunaan Open Broadcast Software Studio Dalam Mendesain Video Pembelajaran Era Pandemi. SYAIKHUNA: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam STAI Syichona Moh. Cholil Bangkalan, 12(1), 87–98.
Rizqi Ilyasa Aghni. (2012). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia , Vol . X , No . 2 , Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(1), 66–77.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2014). Media Pendidikan. Pustekkom Dikbud.
Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).