Edukasi terapi ruqyah bagi remaja masjid di Desa Ciperna Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v6i1.14605Kata Kunci:
Terapi Ruqyah, Remaja/ Remaja Masjid, Mushola Adz-Dzikro.Abstrak
Tahapan perkembangan manusia yang paling rentan dengan pengaruh negatif dari berbagai lingkungan sekitar adalah masa remaja. Tidak heran ketika banyak terjadi kenakalan remaja. Selain itu, tantangan yang harus dihadapi remaja di era modern saat ini sangat beragam, yang paling menonjol adalah pengaruh IPTEK yang semakin canggih. Sehingga berpengaruh terhadap jati diri, mental emosional, sampai pada perilaku menyimpang. Akan tetapi ada juga remaja yang menanggapi perubahan zaman dengan kegiatan positif, salah satu dari mereka adalah remaja masjid. Sebagaimana yang dilakukan oleh remaja masjid Adz Dzikro di Desa Ciperna Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon, para remaja aktif berkegiatan seperti ikut kajian Islam di Masjid, TPQ, dan lain sebagainya. Terlepas dari kegiatan positif yang sudah dilakukan, perlu kiranya dilaksanakan kegiatan perupa pemberian pengethuan dan skill dalam rangka membentengi diri dari hal-hal yang negatif, dan kegiatan pengabdian yang berpa edukasi terapi ruqyah dilakukan dengan tujuan demikian. Metode yang digunakan adalah service learning. Dari kegiatan ini peserta mengetahui tentang konsep ruqyah, manfaat dan kegunaan ruqyah, para remaja mengetahui penyakit yang bisa disembuhkan melalui terapi ruqyah, dan yang paling penting dari kegiatan pengabdian ini adalah para rema memiliki skill atau kemampuan untuk meruqyah, baik ruqyah mandiri atupun untuk orang lain atau masyarakat sekitar.
Referensi
Abdul Baqi, M. F. (n.d.). Terjemahan Al-Lu‟lu‟ wal Marjin Kumpulan Hadist Shahih Bukhari Muslim. PT. Pustaka Riski Putra.
Abdurrahim, W. (2015). Hukum Ruqyah. http://almuflihun.com/hukum-ruqyah/
Ahmad, K., & Ariffin, M. F. M. (2014). Terapi Ruqyah Berasaskan Al-Quran: Analisis Signifikannya Dalam Rawatan Penyakit. Paper) The 4th Annual International Quran Ic Conference (MUQADDAS IV) April, 14–15.
Aslati, A., Silawati, S., Sehani, S., & Nuryanti, N. (2018). Pemberdayaan Remaja Berbasis Masjid (Studi Terhadap Remaja Masjid di Labuh Baru Barat). Masyarakat Madani: Jurnal Kajian Islam Dan Pengembangan Masyarakat, 3(2), 1–11.
Azizi, A. bin A. (n.d.). Ruqyah Syar’iyyah Terapi Penyakit Jasmani dan Rohani. At-Tibyan.
Dako, R. T. (2012). Kenakalan remaja. Jurnal Inovasi, 9(02).
Darby, A., B.L., Jenna, C., & Haglund, M. (2013). Students’ Motivation in Academic Service-Learning Over the Course of the Semester. Collage Student Journal is the Property of Project Innovation. Inc. 185-191.
Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 116–133.
Fahrimal, Y. (2018). Netiquette: Etika jejaring sosial generasi milenial dalam media sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 69–78.
Ismail, H. (2006). Ruqyah dalam Shahih Bukhari. Auliya Press.
Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 147–158.
Kartono, K. (2008). Patologi Sosial 2 : Kenakalan Remaja. Raja Grafindo Persada.
Khasanah, W., Umarella, S., & Lating, A. D. (2019). Peranan Remaja Masjid Ar-Rahman dalam Pembentukan Karakter Remaja yang Religius di Desa Waekasar Kecamatan Waeapo Kabupaten Buru. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 57–73.
Kuntowijoyo. (2008). Paradigma Islam; Interpretasi untuk Aksi. Mizan.
Lake, V. E. & Jones, I. (2008). Service Learning in Early Childhood Teacher Education: Using Service to Put Meaning Back Into Learning. Teaching and Teacher Education. (24).
Nuwairah, N. (2015). Peran Keluarga dan Organisasi Remaja Masjid dalam Dakwah Terhadap Remaja. Al-Hiwar: Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 3(6).
Sumara, D. S., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan remaja dan penanganannya. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).
Tumin, T., & Khilmiyah, A. (2020). Optimalisasi Wawasan Keagamaan Melalui Ruqyah Syar’iyyah Sebagai Solusi Mengatasi Kerasukan Di Dusun Brajan Bantul Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.
Zulmaron, Z., Noupal, M., & Aliyah, S. (2017). Peran Sosial Keagamaan Remaja Masjid di Kelurahan Pipa Reja Kecamatan Kemuning Palembang. Jurnal Studi Agama, 1(1), 41–54.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).