Pelatihan e-modul matematika menggunakan aplikasi flip PDF corporate edition bagi guru SD Muhammadiyah Ambarawa
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v6i2.17090Kata Kunci:
Pelatihan, e-modul, matematika, flip pdfAbstrak
Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi, pelatihan, kepada guru-guru di SD Muhammadiyah Ambarawa tentang penyusunan e-modul Matematika menggunakan Flip Pdf Coorporate Edition. Metode kegiatan PKM yang dilaksanakan terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Kegiatan pada tahap persiapan yaitu observasi sekolah, menganalisis permasalahan disekolah, merancang solusi terhadap permasalahan, merancang buku panduan penyusunan e-modul, dan mendata guru. Kegiatan pada tahap pelaksanaan yaitu memberi informasi dalam bentuk pelatihan tentang bagaimana penyusunan modul yang baik, dan merubah modul menjadi e- modul menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate Edition. Kegiatan pada tahap evaluasi yaitu guru menyusun modul pembelajaran matematika dan merubahnya dalam bentuk e-modul. Hasil dari pengabdian ini adalah pelatihan ini selain mendapatkan respon yang baik juga dinilai dapat meningkatkan  pengetahuan  dan  kemampuan  guru  SD Muhammadiyah Ambarawa dalam melaksanakan proses pembelajaran dalam menyusun e-modul dengan menggunakan flip pdf corporate edition. Implikasi pengabdian ini dapat dijadikan sebagai sumber atau landasan bagi dosen atau praktisi pendidikan untuk  meningkatkan  kualitas  mutu guru dan mutu proses pembelajaran dalam  menghadapi  pembelajaran di era serba digital.Referensi
Feriyanti, N., Hidayat, S., & Ismawati, L. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika Untuk Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1–12.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Turnip, R., Rufi’i, R., & Karyono, H. (2021). JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(2), 485–498.
Unduhan
Diterbitkan
2023-10-21
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).