Pendampingan belajar pada sekolah yang terdampak gempa di Cianjur melalui program GISMA
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v6i3.17123Kata Kunci:
bencana, gempa bumi, pendampingan belajar, GISMA, CianjurAbstrak
Gempa bumi di kabupaten Cianjur telah merusak banyak sekolah-sekolah sehingga mengakibatkan roses Kegiatan Belajar Mengajar terganggu. Salah satu bentuk pemulihan korban gempa cianjur adalah dengan memberikan pendampingan belajar bagi siswa-siswa di sekolah yang terdampak bencana. Kegiatan pendampingan belajar ini bertujuan untuk membantu membangun kembali semangat dan motivasi belajar bagi siswa korban gempa di SMPS PGRI Warungkondang, Cianjur. Metode pelaksanaan dari kegiatan ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap observasi, tahap perancangan dan pengembangan serta tahap pelaksanaan. Adapun kegiatan pendampingan belajar sendiri yang dilaksanakan di SMPS PGRI Warungkondang, tidak hanya membantu proses pembelajaran di kelas saja tetapi juga membantu kegiatan ekstrakulikuler seperti paskibra, pramuka, tari, voli, futsal, dan paduan suara. Hasil dari kegiatan ini adalah antusiasnya anak-anak dalam mengikutyi setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh tim GISMA. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan belajar ini memberikan efek yang positif karena dapat menciptakan suasana menyenangkan bagi anak-anak korban pasca gempa di Kecamatan Warungkondang, Cianjur.
Referensi
Daswati, D., Samad, M. A., & Wekke, I. S. (2019). Collaborative Governance Dalam
Pengelolaan Integrated Community Shelter Pasca Bencana Di Kota Palu
Collaborative Governance in the management of Integrated Community Shelters
post disaster ( ICS ) in the City of Palu.
Dewy, C. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengatasi Keterbatasan
Sumber Belajar Geografi pada Pembelajaran Kelas Darurat Pasca Bencana Sinabung. Jurnal Kapita Selekta Geografi, 1(3), 129-134.
Gurwitch, R. H., Kees, M., Becker, S. M., & Schreiber, M. (2004), Assessment of PTSD among
Indonesian children. Prehospital and Disaster Medicine, 46(5), 1921-8.
Marida Andriani. 2018. Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Mengatasi Trauma
Healing Bagi Anak-anak Usia Sekolah Di Pengungsian Pasca Letusan Gunung
Sinabung Sumatera Utara. Jurnal Kapita Selekta Geografi. Volume 1 Nomor 2:
September 2018. pp. 39-45.
Nakamura, Y. (2005). Public health impact of disaster on children. JMAJ, 48(7), 377-384
Nugroho, D. 2007. Hubungan Dukungan Sosial dengan Kecemasan Menghadapi Masa
Depan Pada Remaja Korban Gempa Bumi 27 Mei 2007. Skripsi: tidak diterbitkan.
Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Ramirez, M., & Peek-Asa, C. (2005). Epidemiology of traumatic injuries from
earthquakes. Epidemiologic reviews, 27(1), 47-55.
Şalcıoğlu, E., & Başoğlu, M.. (2008). Psychological effects of earthquakes in children:
prospects for brief behavioural treatment. Wold Journal Pediatrics, 4(3), 165-172.
doi: 10.1007/s12519-008-0032-8
Sherchan, S., Samuel, R., Marahatta, K., Anwar, N., Van Ommeren, M. H., & Ofrin, R. (2018).
Post-disaster mental health and psychosocial supportl: experience from the 2015
Nepal earthquake. WHO South-East Asia journal of public health, 6(1), 22-29.
Suhardita, K. (2011). Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan
Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Edisi khusus, 1, 127-138.
Suherman, U. (2008). Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung, PPB-UPI.
Supendi, P., Priyobudi, J. J., Sianipar, D., Ali, Y. H., Heryandoko, N., Daryono, S. P. A., ... &
Aktif, K. K. S. (2022). Analisis Gempabumi Cianjur (Jawa Barat) Mw 5.6 Tanggal
November 2022.
UNDP. (2015). Supporting Nepal in Building Back Better: Livelihoods and Community
Infrastructure. May.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).