Kolaborasi mahasiswa dan pemuda dalam pembentukan Karang Taruna RW 05 Desa Cigoong Kecamatan Mekarsari Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v7i1.20734Abstrak
Kolaborasi antara mahasiswa dan pemuda telah menjadi strategi yang efektif dalam menggerakkan pembangunan komunitas lokal di Indonesia. Studi ini mengkaji kolaborasi tersebut dalam konteks pembentukan Karang Taruna RW 05 di Desa Cigoong, Kecamatan Mekarsari, Kabupaten Bandung. Studi yang berbasis gabungan pendekatan pengabdian dan penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak kolaborasi antara mahasiswa dan pemuda terhadap pembentukan Karang Taruna dan pembangunan komunitas di desa tersebut. Dalam pendekatan pengabdian digunakan metode Participatory Action Research (PAR), sedangkan dalam pendekatan penelitian digunakan metode dan analisis kualitatif berdasarkan data primer dan sekunder, termasuk wawancara dengan anggota Karang Taruna, pemuda desa, dan mahasiswa yang terlibat dalam kolaborasi ini. Hasil pengabdian dan penelitian menemukan bahwa kolaborasi antara mahasiswa dan pemuda telah meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan Karang Taruna, memberdayakan generasi muda, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat. Temuan ini menekankan pentingnya kolaborasi lintas generasi dalam mengoptimalkan potensi pembangunan komunitas lokal. Artikel ini memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi pembangunan komunitas dan pemangku kepentingan lainnya tentang manfaat kolaborasi antara mahasiswa dan pemuda dalam konteks pembentukan Karang Taruna dan pembangunan komunitas di tingkat lokal.
Referensi
Al Mighwar, M. (2024). Environmental Greening in Residential Vacant Land: A Community Service Initiative at Griya Muncang Asri Housing, Tasikmalaya City. Community: Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–10.
Amri, F. (2023). The role of Karang Taruna Youth in improving the economy in Kerinci regency. International Journal of Economics, Business and Innovation Research, 2(05), 47–56.
Andilas, D. D., Tarigan, Z. J. H., Sitepu, R. B., & Raza, A. (2020). The Correlation between Community Engagement and Capability Building Through Outbound Activities of Karang Taruna Members at Bencireng Kebontunggul, Mojokerto, Indonesia. SHS Web of Conferences, 76, 01003.
Arieffiani, D., & Utama, S. J. (2023). Implementation of Village Government Based on Local Wisdom in Planning and Organization Perspective.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Efendi, M. Y., Kustiari, T., Sulandjari, K., Sifatu, W. O., Ginting, S., Arief, A. S., & Nurhidayah, R. E. (2021). Metode pemberdayaan masyarakat. Jember: Polije Press.
Hertanti, S. (2019). Pelaksanaan program karang taruna dalam upaya meningkatkan pembangunan di Desa Cintaratu Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(4), 69–80.
LP2M UIN SGD. (2023). JUKNIS KKN UIN SGD 2023.
Muhammad Al Mighwar, Muhammad Isfahani, J., & Azmii Aqillah, W. (2021). Upaya fasilitas masyarakat terhadap pelatihan dan pentas seni tari dan lagu daerah bagi anak-anak sebagai upaya dalam proses pengembangan budaya di Dusun Cilimus, Desa Mekarsari, Kecamatan Cimaung. https://doi.org/10.17509/tmg.v3i2.62573
Muhammad Al Mighwar, M. T. H. A. F. A. (2023). Desa Mekarsari-Bandung: Bangkong Reang warisan budaya dan identitas yang hampir hilang.
Najmudin, M. F., Suryadi, A., & Saepudin, A. (2023). Implementasi model kolaborasi pentahelix dalam pengembangan sumber daya manusia UMKM. Abdimas Siliwangi, 6(3), 587–600.
Rachmawati, N. (2023). PEMBERDAYAAN PEMUDA KARANG TARUNA DI DUSUN III PARIT SIPING DESA SUNGAI UNGAR UTARA KABUPATEN KARIMUN. Jurnal Sosio-Komunika, 2(1), 314–323.
Rodhiyah, M., & Pujianto, W. E. (2023). Membangun Kembali Komunikasi Organisasi Karang Taruna Di Desa Kedung Kampil Kecamatan Porong. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 60–71.
Samaddar, S., Oteng-Ababio, M., Dayour, F., Ayaribila, A., Obeng, F. K., Ziem, R., & Yokomatsu, M. (2021). Successful community participation in climate change adaptation programs: on whose terms? Environmental Management, 67, 747–762.
Vargas, L. C., & Erba, J. (2017). Cultural competence development, critical service learning, and Latino/a youth empowerment: A qualitative case study. Journal of Latinos and Education, 16(3), 203–216.
Widiastuti, N. (2018). Peran Tokoh Pemuda Dalam Meningkatkan Partisipasi Karang Taruna Di Desa Nanjung Margaasih. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2), 94–104.
Wispandono, R. M. M. (2019). Empowerment of Karang Taruna as an Effort to Sustainability of Rural Economic Growth in Madura Island. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 255(1), 012048.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).