Memperkuat keterampilan market planning: Pelatihan soft skill di lembaga kesetaraan
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v7i1.21906Abstrak
Program pengabdian kepada masyarakat yang diinisiasi oleh Program Pascasasrjana IKIP Siliwangi menetapkan PKBM Sangkanhurip yang terletak di Desa Sangkanhurip, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung sebagai tempat pelaksanaan program pengabdian. Berdasarkan hasil identifikasi ditemukan beberapa masalah yang dihadapi lembaga tersebut dalam proses pengembangan kewirausahaan yang sudah berjalan. Pelatihan ini bertujuan untuk menggali dampak dan efektivitas pelatihan dalam mempersiapkan peserta untuk memahami dan mengelola pasar lokal. Studi ini menggunakan pendekatan partisipatif dan edukatif dalam menyajikan materi market planning kepada peserta. Pelatihan difokuskan pada aspek analisis pasar, strategi pemasaran yang relevan dengan konteks lokal, dan pengembangan keterampilan manajemen bisnis yang diperlukan. Metode evaluasi meliputi survei pra pelatihan, survei pasca pelatihan, observasi lapangan dan wawancara. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman peserta tentang analisis pasar, strategi pemasaran yang sesuai dengan konteks lokal, dan keterampilan manajemen bisnis setelah mengikuti pelatihan. Implikasinya adalah penguatan kapasitas masyarakat lokal untuk mengelola bisnis atau inisiatif mereka sendiri dengan memahami pasar dan mengembangkan strategi yang efektif dalam meningkatkan kesejahteraan komunitas
Referensi
Ansori, A., Alhadihaq, M. Y., Nuraeni, L., & Estherlita, T. (2024). Community-Based Social Entrepreneurship at Community Learning Centers. Novateur Publications, 39–45.
Ansori, A., & Firdaus, N. M. (2020). Increasing community participation capacity in paud program through parenting education at pusat kegiatan belajar masyarakat. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 9(1), 89–94.
Ansori, A., Kamil, M., & Hufad, A. (2023). Santri Entrepreneurial Model and its Implementations as Community Empowerment Programs. 9(2), 241–250.
Ansori, & Rosita, T. (2018). Increasing Economic Capacity of Rural Community Through The Use of Local Ecological Potency Based. Journal of Nonformal Education, 4(1), 89–96.
Bandura, A., & Walters, R. H. (1977). Social learning theory (Vol. 1). Englewood cliffs Prentice Hall.
Barrows, H. S., & Tamblyn, R. M. (1980). Problem-based learning: An approach to medical education (Vol. 1). Springer Publishing Company.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2012). Self-determination theory. Handbook of Theories of Social Psychology, 1(20), 416–436.
Hasbullah, H. (2020). Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1).
Wardani, I. R. W., Zuani, M. I. P., & Kholis, N. (2023). Teori Belajar Perkembangan Kognitiv Lev Vygotsky dan Implikasinya dalam Pembelajaran. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 332–346.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).