Membangun budaya literasi melalui pojok baca dan pohon literasi pada siswa di kelas V SD Negeri Sukorejo III Kabupaten Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v7i2.23189Abstrak
Pengembangan budaya literasi di sekolah dasar selama ini belum berjalan secara optimal. Hal ini salah satunya disebabkan oleh minimnya pemanfaatan media pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, diperlukan inovasi media pembelajaran literasi. Pengadian Masyarakat ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi awal minat baca siswa kelas V SD Negeri Sukorejo III dan pemanfaatan Pojok Baca dan Pohon Literasi di SD Negeri Sukorejo III semester gasal tahun ajaran 2023/2024. Pengabdian ini menggunakan metode penelitan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan dalam kegiatan ini terdiri dari 2 orang dosen (ketua dan anggota) dibantu oleh 2 orang mahasiswa. Objek pengabdian ini yaitu pemanfaatan pojok baca dan karya pohon literasi siswa kelas V, sedangkan subjek penelitian yaitu 1 guru kelas V dan 14 siswa kelas V SD Negeri Sukorejo III, Bojonegoro. Teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan terdiri dari catatan lapangan, lembar wawancara, dan foto kegiatan. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan pendekatan grounded theory. Pengabdian ini menemukan bahwa di awal pengabdian ini budaya literasi siswa masih rendah dan inovasi pembelajaran literasi belum berjalan maksimal. Dengan kondisi tersebut, tim pengabdian berupaya memberikan pelatihan literasi dengan pemanfaatan Pojok Baca dan Pohon Literasi. Pemanfaatan inovasi dan kreasi media pembelajaran ini secara positif berkontribusi bagi peningkatan pemahaman literasi di sekolah.
Kata Kunci : literasi, sekolah dasar, pojok baca, pohon literasi
ABSTRACT
The development of a literacy culture in primary schools has not been running optimally. This is partly due to the lack of utilization of learning media in the classroom. Therefore, innovation in literacy learning media is needed. This community service aims to describe the initial conditions of reading interest of fifth grade students of SD Negeri Sukorejo III and the utilization of the Reading Corner and Literacy Tree at SD Negeri Sukorejo III in the odd semester of the 2023/2024 academic year. This service uses a qualitative research method with a phenomenological approach. The participants in this activity consisted of 2 lecturers (chairman and member) assisted by 2 university students. The object of this service is the utilization of the reading corner and the literacy tree work of grade V students, while the service subjects are 1 grade V teacher and 14 grade V students of SD Negeri Sukorejo III, Bojonegoro. Data collection techniques were observation, interview and documentation. Meanwhile, the instruments used consisted of field notes, interview sheets, and photos of activities. The data that has been obtained is analyzed using a grounded theory approach. This service found that at the beginning of this service, students' literacy culture was still low and literacy learning innovations had not run optimally. With these conditions, the service team tried to provide literacy training by utilizing the Reading Corner and Literacy Tree. The utilization of these learning media innovations and creations positively contributes to improving literacy understanding in school.
Keywords: literacy, primary school, reading corner, literacy tree
Referensi
Amelia, B. F., Apriliya, S., & Mulyadiprana, A. (2023). Analisis Kebutuhan Penggunaan Pohon Literasi pada Kegiatan GLS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (PENDAS), 8(2), 4681-4692. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8867
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah (Teori dan Praktik). Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Dewi, L., Jumini, S., & Prasetya Adi, N. (2022). Implementasi Media Pohon Literasi untuk Meningkatkan Literasi Sains Murid pada Mata Pelajaran IPA. Journal of Education and Teaching (JET), 3(2), 247-267. https://doi.org/10.51454/jet.v3i2.190
Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 102-113. DOI: https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.958
Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b): 1435 – 1443. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774
Kayati, A. N. (2022). Pemanfaatan Teks Multimodal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penguatan Literasi Peserta Didik. Proceeding SANDIBASA I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I), Denpasar: 28 April 2022. Hal. 578-585.
Khoirunnisa, A. R. & Sukartono. (2024). Pemanfaatan Pojok Baca Kreatif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2049-2056. DOI: https://doi.org/10.58230/27454312.596
Komunitas Guru SD Menulis. (2019). Pohon Literasi. Sukabumi: CV Jejak.
Lailiyah, T., Setyati, M., & Erianti, N. (2023). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Proceeding Conference of Elementary Studies (CES), Surabaya.
Huninairoh, S. (2017). Pemanfaatan Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini di TK Pertiwi Desa Wangandalem, Brebes. Skripsi tidak diterbitkan. Purwokerto: Fakultas Tarbiyan dan Ilmu Keguruan, IAIN Purwokerto.
Rohani, S. (2021). Faktor-Faktor Rendahnya Kemampuan Siswa Dalam Membaca dan Menulis Kelas IV di SDN 85 Kota Lubuk Linggau. Skripsi. (Diakses pada tanggal 31 Mei 2024).
Sari, E. Y. (2021). Penggunaan Media Pohon Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 1A Tema 6 di MI Inayatur Rohman Curahnongko, Jember, Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan: UIN KHAS Jember.
Saputri, R. N., Pradana, F. G., Apriliyanto, E., & Wahyudi. (2022). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa SDN Jati 2 Masaran. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM), 2(2), 103-111. DOI: 10.56972/jikm.v2i2.40
Yunianika, I. T. & Suratinah. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 497-503. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).