IbBM PELATIHAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN“INSTRUCTIONAL GAMEâ€UNTUK PENINGKATAN PROFESIONALISME BAGI PENDIDIK PAUD SE KECAMATAN CIHIDEUNG KOTA TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v2i1p23-29.2498Kata Kunci:
Model Pembelajaran“Instructional Game, Pendidik PAUDAbstrak
Tujuan umum dalam rencana pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini adalah meningkatkan mutu pendidik PAUD di Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya melalui pendampingan dalam kerangka meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan Model Pembelajaran“Instructional Gameâ€Untuk Peningkatan Profesionalisme Bagi Pendidik Paud. Jenis luaran yang dihasilkan dari pelatihan melalui pendampingan ini adalah peningkatan kompetensi tutor dalam menerapkan model Pembelajaran“Instructional Game†pada pembelajaran PAUD. Berdasarkan penemuan dilapangan dan hasil wawancara dengan tutor PAUD di kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya pada umumnya mengharapkan seminar, dan pendampingan dalam penerapan model Pembelajaran“Instructional Gameâ€Untuk Peningkatan Profesionalisme pendidik PAUD. Target yang ditetapkan dalam Pengabdian Masyarakat Iptek bagi Bina Masyarakat (IbBm) adalah Tutor diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan model Pembelajaran “Instructional Gameâ€. Tim pelaksana dalam kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini berasal dari Perguruan Tinggi dari Stap pengajar Pendidikan Luar Sekolah UNSIL 3 orang sebagai dari bidang kepakaran Pendidikan Kemasyarakatan Non Formal dan Informal sebagai pendamping/ nara sumber.
Referensi
Essa, L.E.(2002). Introduction Chilhood Education.(Fourth.e.d) Canada: Demar Learning
Hupad, A.et.al.(2012) . Pengembangan Sumber Belajar Dalam Diklat. Bandung: Rizki Press.
Kamil, M. (2007). Model Pelatihan Pendidikan Luar Sekolah (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta
Nurlaila (2014). Disertasi: Pengembangan model pelatihan instructional games untuk peningkatan profesionalisme pendidik anak usia dini di kota medan.
Uno, H.B (2007) . Profesi Kependidikan ( Problema, solusi, dan reformasi pendidikan di Indonesia) (Ed.1) Gorontalo: Pt. Bumi Aksara
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).