Pendidikan karakter melalui literasi seni dan dongeng untuk SD Melania
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v8i2.27111Kata Kunci:
karakter, dongeng, seni, kerja sama, aktivitas, P5.Abstrak
Proses penguatan karakter dipandang sebagai perlindungan dalam menghadapi tantangan moral, etika, dan karakter. Oleh karena itu, pemahaman mengenai Profil Pelajar Pancasila dan Pembelajaran Paradigma Baru untuk siswa perlu diupayakan. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk mendorong siswa-siswi Sekolah Dasar Santa Melania Bandung untuk menemukan pemahaman tentang P5 berbasis proyek pendidikan karakter dengan menggunakan medium aktivitas-aktivitas berbasis literasi dongeng dan seni. Tim pengabdian berperan sebagai fasilitator dan pendamping yang akan bersama para guru melakukan penerapan literasi dongeng dan seni yang mendukung keberlangsungan P5. Dengan adanya penerapan metode dan media yang terangkum dalam literasi dongeng dan seni berbasis aktivitas untuk anak SD usia 7-12 tahun yang meliputi aspek visual, audio, dan kinestetik, tidak hanya hanya berdampak pada para siswa Sekolah Dasar Santa Melania Bandung, tetapi juga pada guru-guru SD Santa Melania untuk dapat mengimplementasikan metode dan media yang sama dalam mata pelajaran yang lainnya dengan fokus pengembangan karakter yang lain. Dengan pendekatan design thinking ini, pendidikan karakter melalui dapat menjadi kebiasaan yang terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari siswa.
Referensi
Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349–8358. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791
Aria, S. S., & Sartika, D. (2025). Penerapan pendidikan multikultural berbasis nilai islam dalam membangun toleransi di sekolah (Vol. 6, Issue 1).
Fahrianur, Wawan, K., Misnawati, Nurachmana, A., Veniaty, S., Ramadhan, I. Y., & Monica, R. (2023). Fahrianur. Journal of Student Research, 1, 102–113. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jsr/article/view/958
Furco, A. (1996). DigitalCommons@UNO DigitalCommons@UNO Service-Learning: A Balanced Approach to Experiential Education Service-Learning: A Balanced Approach to Experiential Education. https://unomaha.az1.qualtrics.com/jfe/form/
Hasanah, U., Fajri, N., & Al Junaidiyah, R. A. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Agustus, 2(2).
Nawawi, R. I., Bedi, F., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2025). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Untuk Menghadapi Isu-Isu Strategis Terkini Di Era Digital. Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013 Oleh: Sri Haryati (FKIP-UTM). (n.d.).
Penulis, T., Kandi, :, Mas Bakar, R., Rizkika, M. A., Netrawati, F. &, Ariati, C., Veerman, N. S., Tri, W., Oktara, F., Masruroh, M. J. T., Simanjuntak, N., Rohmatullah, D., Murtanti, P., Kania, D., Suwandi, M. A., Ardiansyah, N., Pramugara, H. &, & Yana, R. (n.d.). PENGANTAR PSIKOLOGI UMUM. www.freepik.com
Purtina, A., Zannah, F., & Syarif, A. (2024). Inovasi Pendidikan Melalui P5: Menguatkan Karakter Siswa dalam Kurikulum Merdeka Educational Innovation Through P5: Strengthening Student Character in An Independent Curriculum. In Fathul Zannah (Vol. 19, Issue 2). Arna Purtina.
Setyowati, E., Permata, A., Mata, K., Humaniora, K., Kristen, U., & Wacana, D. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, Issue 2). https://serc.carleton.
Seva, K., Sirait, A., & Setiandari, B. (2022). Need Analysis In The Integration Of Sdgs In English For Public Administration (Vol. 5, Issue 3). https://www.un.org/sustainabledevelopment/.
Sirait, A., Seva, K., Fandi Gilar Saputro, J., Idah Eholidah, G., & Filsafat, F. (2024). Model pembelajaran aktif, kreatif, dan produktif dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi melalui menulis cerita imajinatif. Abdimas Siliwangi, 7(2), 468–481. https://doi.org/10.22460/as.v7i2.23059
Siregar, I. N., Siagian, P. T., Dasuha, R. J. D., & Ria, R. R. (2024). Menumbuhkan Karakter, Etika, dan Moral Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.436
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).