Pelatihan penerapan deep learning terhadap pembelajaran matematika pada guru-guru SMA di Kota Cimahi
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v8i2.27377Kata Kunci:
deep learning, matematika, pelatihan, pembelajaranAbstrak
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapan guru-guru Matematika di MGMP Kota Cimahi dalam mengintegrasikan teknologi deep learning ke dalam proses pembelajaran. Seminar dilaksanakan sebagai bentuk respon terhadap perkembangan teknologi kecerdasan buatan yang semakin relevan dalam dunia pendidikan. Metode yang digunakan meliputi penyampaian materi teoritis, demonstrasi aplikasi pembelajaran berbasis AI, serta sesi diskusi interaktif. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, dengan rata-rata skor pre-test sebesar 60 dan post-test sebesar 85. Selain itu, 92% peserta menyatakan minat untuk mengikuti pelatihan lanjutan. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pemahaman dasar tentang deep learning, tetapi juga memicu antusiasme guru untuk terus mengembangkan inovasi pembelajaran. Tindak lanjut dirancang dalam bentuk workshop lanjutan dan pembentukan komunitas belajar digital. Kegiatan ini terbukti efektif sebagai langkah awal menuju transformasi pembelajaran matematika berbasis teknologi.
Referensi
Dinta, A., Luthfi, A., & Wahyuni, M. (2023). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Chatbot untuk Kemampuan Pemahaman Konsep Pola Bilangan Siswa. Journal of Education Research, 4(4), 633.Journal of Education Research
Fauzi, A., & Hidayat, R. (2023). Strategi implementasi deep learning dalam pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(1), 45-56.
Harahap, S., & Dewi, R. (2022). Pengaruh deep learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 120-132.
Herliani, Y. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Deep Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SMK Profita Kota Bandung dalam Menganalisis Teks Negosiasi. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 3(1), 2310.Jurnal STIKes Ibnu Sina
Kusuma, D., et al. (2021). Adaptive learning berbasis deep learning pada pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(3), 78-90.
Li, X., et al. (2020). Deep learning in education: Applications and challenges. International Journal of Educational Technology, 7(1), 15-25.
Misbah, I. Z., Saputra, R. R., & Maulana, N. (2025). Penerapan Artificial Intelligence dalam Menunjang Pemahaman Matematika Siswa SD. Jurnal Nakula, 3(2), 01–09.Aripi Journal
Ningtyas, Y. D. W. K., Firdaus, H. P. E., & Rahayu, Y. D. (2024). Pelatihan Aplikasi Digital Matematika untuk Pemberdayaan Keterampilan Guru Matematika. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(11), 50-60. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i11.1900
Nugroho, P., et al. (2021). Keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan, 18(4), 98-109.
oshonah, A. F., Sutihat, S., & Alam, A. (2020). Penerapan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika di SDN Pisangan 01. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 7900.Jurnal UMJ
Pasaribu, S. D., Mairing, J. P., Punding, W., Aritonang, H., & Purnama, P. S. (2023). Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1007.Jurnal FKIP Unmul
Pertiwi, L., & Arifin, R. (2022). Evaluasi Program Pelatihan Guru Berbasis Teknologi. Eduhumaniora, 14(2), 100-110.
Purba, M., Tobing, F. L., & Silaen, S. Y. (2020). Penerapan Metode E-Learning dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran pada Suasana Covid-19. Jurnal Widya, 1(2), 36.jurnal.amikwidyaloka.ac.id
Putra, M., et al. (2023). Pelatihan guru untuk transformasi digital pembelajaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 55-67.
Putra, L. V., & Rizqi, H. Y. (2024). Pendampingan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Deep Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. Ngudi Waluyo Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 86-92. https://doi.org/10.31604/nwe.v3i2.86-92
Putri, R., Ardhiansyah, S. S., Kurnia, H., Sari, M. I., & Putri, M. F. J. L. (2024). Penerapan Deep Learning dalam Pendidikan di Indonesia. Generasi Pancasila, 5(2), 123–130
Pramono, A. J. B., Djawa, Y., Malaka, M., Ikrima, I., & Awat, N. (2024). Pelatihan Kecerdasan Buatan untuk Pembelajaran dan Administrasi Guru Matematika di SMP Negeri 16 Kota Tidore Kepulauan. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1-10. https://doi.org/10.31604/martabe.v6i1.1-10
Pratama, Y. (2022). Kendala penerapan teknologi AI di sekolah terpencil. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(2), 33-42.
Rahman, M., et al. (2021). Deep learning in mathematics education. Journal of Learning Technologies, 12(2), 23-36.
Rahmawati, L., et al. (2021). Metode pelatihan berbasis AI untuk guru. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(1), 100-111.
Republika. (2024). Tantangan Teknologi Pembelajaran pada Pendekatan Deep Learning. Republika Online.
Rikayanti, R., & Burhan, M. J. I. (2024). The Peran AI dalam Pembelajaran Matematika (Flipp Classroom dan Aplikasi Penunjangnya). Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(3), 721–729.
Samaray, S. (2024). Penerapan Artificial Intelligence-ChatGPT dalam Pembelajaran Matematika Diskrit. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 3(1), 2283.Jurnal STIKes Ibnu Sina+1Jurnal STIKes Ibnu Sina+1
Santoso, H. (2020). Pengaruh teknologi pembelajaran terhadap motivasi siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 45-53.
Sari, N., & Wijaya, A. (2022). Peningkatan kompetensi digital guru melalui pelatihan AI. Jurnal Pendidikan Digital, 6(2), 77-88.
Setiawan, D., & Amalia, S. (2023). Kolaborasi guru dalam pelatihan teknologi pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 17(1), 90-101.
Siregar, E., et al. (2023). Strategi Guru dalam Era AI di Kelas Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 100-110.
Utami, R., & Yusri, M. (2023). Pengembangan keterampilan abad ke-21 melalui pembelajaran berbasis AI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(3), 122-134.
Wijaya, S., Sarifah, I., & Nurjannah, N. (2024). Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika dengan Menggunakan Pembelajaran Hybrid di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 7037.Journal Universitas Pasundan
Wulandari, T., et al. (2024). Tantangan digitalisasi pendidikan di daerah terpencil. Jurnal Pendidikan dan Kebijakan, 10(1), 25-36.
Zainil, M., Kenedi, A. K., Suherman, D. S., Akmal, A. U., Azkiyah, N., & Wahyuni, S. (2024). Pelatihan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Pembelajaran Digital Berbasis STEM. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 31(2), 164-175. https://doi.org/10.35134/jmi.v31i2.164
Zaini, R. (2024). Motivasi belajar siswa dengan teknologi adaptif berbasis AI. Jurnal Pendidikan Inovatif, 13(2), 88-99.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).