Inovasi pembelajaran berbasis artificial intelegent (AI) : Peningkatkan kualitas pendidik YPIQ di Kecamatan Cimahi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v8i2.27698Kata Kunci:
Artificial Intelligence (AI) Learning Innovation, South Cimahi DistrictAbstrak
Yayasan Pendidikan Ilmu Al-Qur’an (YPIQ) berperan penting dalam memberikan pendidikan berkualitas kepada masyarakat di Kecamatan Cimahi Selatan. Namun, hasil belajar siswa seringkali dipengaruhi oleh kesulitan meningkatkan kualitas guru dan efektivitas metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidik YPIQ melalui inovasi pembelajaran berbasis AI (AI) dengan menggunakan platform Quizizz dan Wordwall. Metode penelitian melibatkan penerapan platform tersebut secara langsung dalam proses pembelajaran. Di antara materi yang dibahas adalah strategi penggunaan AI dalam pembelajaran, pengembangan konten interaktif, dan evaluasi efektivitas pembelajaran. Hasilnya menunjukkan bahwa pendidik memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menggunakan AI, dan bahwa keterlibatan dan hasil belajar siswa meningkat. Selain itu, penelitian ini menemukan kelebihan dan kekurangan penggunaan platform AI, serta prospek pengembangan lebih lanjut. Studi ini menyimpulkan bahwa inovasi pembelajaran berbasis AI meningkatkan kualitas guru dan efektivitas pembelajaran di YPIQ, yang berdampak positif pada sistem pendidikan di Kecamatan Cimahi Selatan.
Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran Artificial Intelegent (AI), Kecamatan Cimahi Selatan
ABSTRACT
The Al-Qur'an Science Education Foundation (YPIQ) plays an important role in providing quality education to the people of South Cimahi District. However, student learning outcomes are often influenced by the difficulty of improving teacher quality and the effectiveness of learning methods. The aim of this research is to improve the quality of YPIQ educators through AI-based learning innovations using the Quizizz and Wordwall platforms. The research method involves applying the platform directly in the learning process. Among the materials discussed are strategies for using AI in learning, developing interactive content, and evaluating learning effectiveness. The results show that educators have a better ability to use AI, and that student engagement and learning outcomes improve. In addition, this research discovered the advantages and disadvantages of using AI platforms, as well as prospects for further development. This study concludes that AI-based learning innovation improves teacher quality and learning effectiveness at YPIQ, which has a positive impact on the education system in South Cimahi District.
Keywords: Artificial Intelligence (AI) Learning Innovation, South Cimahi District
Referensi
Abimanto, D., & Mahendro, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi AI Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 256–266.
Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Word Wall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835.
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184.
Anas, I., & Zakir, S. (2024). Artificial Intelligence: Solusi Pembelajaran Era Digital 5.0. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 8(1), 35–46.
Ansori, A., Alhadihaq, M. Y., Nuraeni, L., & Estherlita, T. (2024). Community-Based Social Entrepreneurship at Community Learning Centers. Novateur Publications, 39–45.
Ansori, A., Hendriana, H., Westhisi, S. M., Rukanda, N., & Alam, S. K. (2024). Workshop Pembelajaran Inovatif untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 4(1), 57–66.
Ansori, A., Mulyono, D., Estherlita, T., Nulhakim, F., & Hermawan, D. (2024). Inovasi Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM): Peningkatan Kualitas Kelembagaan PKBM di Kabupaten Bandung. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1526–1533.
Ansori, A., Nuraeni, L., Rukanda, N., Firdaus, N. M., Widyaswari, M., Muharry, A., & Muhadi, L. (2024). Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bayfa Cendekia Indonesia.
Ansori, R. H. L., Nurfurqon, F. F., & Rizal, M. (2024). Message from Ella Without Consent to Children’s Privacy via Sharenting. Medita Ayu Wulandari· Duhita Savira Wardani· Agus Hendriyanto· Cucun Sutinah· Galih Dani Septiyan Rahayu· Sukma Murni· Dilham Fardian· Sani Sahara·, 98.
Astuti, M., Herlina, H., Ibrahim, I., Rahma, M., Salbiah, S., & Soleha, I. J. (2023). Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan Islam. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(3), 28–40.
Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68.
Hakim, F., Fadlillah, A., & Rofiq, M. N. (2024). Artificial Intellegence (AI) dan Dampaknya Dalam Distorsi Pendidikan Islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), 129–144.
Lestari, R. D. (2021). Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi wordwall di kelas IV sdn 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 2(2), 111–116.
Mayasari, N., Dewantara, R., & Yuanti, Y. (2023). Pengaruh kecerdasan buatan dan teknologi pendidikan terhadap peningkatan efektivitas proses pembelajaran mahasiswa di jawa timur. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), 851–858.
Rodiya, Y., Nugroho, W., & Kardipah, S. (2022). Pemanfaatan Dan Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis ICT Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 102–118.
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166.
Wati, K. (2021). Kontribusi Pesantren dalam Menghadapi Generasi Alpha dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. IAIN Bengkulu.
Yatimah, D., Ansori, A., Hermawan, Y., Alhadihaq, M. Y., Erlangga, E., Putri, P. K., Lestari, R. D., Suhendi, H. Y., Laksono, B. A., & Novianti, S. (2024). Pemanfaatan Platform Digital Untuk Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bayfa Cendekia Indonesia.
Yuliani, S. (n.d.). Adaptif di Era Disruptif: Strategi Sekolah Tinggi Teologi Menghadapi Tantangan di Era Disrupsi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).