MENUMBUHKAN KESADARAN LINGKUNGAN KEPADA GURU-GURU SD DI SEKITAR SUNGAI CITARUM MELALUI PENYULUHAN TENTANG HAKEKAT SAINS DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v2i2p166-174.3371Kata Kunci:
kesadaran lingkungan, hakekat sains dalam pembelajaran.Abstrak
Secara umum, tujuan jangka panjang program pengabdian ini adalah mengembangkan suatu proses pengabdian melalui penyuluhan bagi guru-guru SD dalam upaya menumbuhkan kesadaran lingkungan kepada guru-guru SD di sekitar Sungai Citarum tentang hakekat sains dalam pembelajaran. Adapun target khusus yang ingin dicapai adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran lingkungan serta pemahaman strategi dan pendekatan pembelajaran yang mungkin dilakukan guru-guru SD mengenai pentingnya pelestarian lingkungan melalui konteks lingkungan di sekitar Sungai Citarum yang dikaitkan dengan hakekat sains untuk pembelajaran SD. Metode pelaksanaan pada kegiatan pengabdian ini dikelompokan menjadi empat tahap kegiatan yaitu tahap persiapan terdiri dari kegiatan observasi, pelaksanaan terdiri dari kegiatan penyuluhan, evaluasi terdiri dari kegiatan mengevaluasi kegiatan, dan penyelesaian terdiri dari kegiatan penyusunan laporan dan publikasi luaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu guru-guru memahami mengenai pentingnya pelestarian lingkungan melalui konteks lingkungan di sekitar Sungai Citarum yang dikaitkan dengan hakekat sains, terwujudnya kesadaran guru-guru SD akan pentingnya pelestarian lingkungan serta  guru-guru SD memahami strategi dan pendekatan pembelajaran yang mungkin dilakukan, yang menjadi dasar untuk menumbuhkan kesadaran mengenai pentingnya pelestarian lingkungan dikaitkan dengan pembelajaran di SD.
Referensi
Afandi, A., Neolaka, A., & Saleh, R. (2012). Kesadaran Lingkungan Masyarakat dalam
Pemeliharaan Taman Lingkungan Di Jakarta Pusat. Jurnal Menara Jurusan Teknik Sipil FT.UNJ, 7(1), 54-66.
Aikenhead, G. (2006). Science Education for Everyday life. New York: Teachers’ College Press.
Harlen, W., & Qualter, A. (2004). The Teaching of Science for Primary Scools (Forth Edition). London: David Fulton Publishers.
Joedianto, Y. D. B. (2017). Pengaruh Kesadaran Masyarakat Atas Lingkungan Hidup Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Sampah “ Sawo Kecik “Perumahan Candi Gebang Permai Yogyakarta. [Online]. Diakses dari: https://repository.usd.ac.id/22229/2/132214160_full.pdf
Kompas. (2010). Titik Tertinggi Air Jatiluhur. [Online]. Diakses dari: https://regional.kompas.com/read/2010/03/23/04072745/titik.tertinggi.air.jatiluhur.
Lamanauskas, V. (2009). The Process of Natural Science Education in Primary School: the Importance of Chemistry Component. In M. Bilek (Ed.). Research, Theory and Practice in Chemistry Didactics, XIX, 1st Part: Research Articles and Theoretical Studies (pp. 13-20). Hradec Kralove: Gaudeamus.
Lederman, N.G., Lederman, J.S. & Antink, A. (2013). Nature of science and scientific inquiry as contexts for the learning of science and achievement of scientific literacy. International Journal of Education in Mathematics , Science and Technology, 1(3), 138-147).
Mutiani. (2017). IPS dan Pendidikan Lingkungan: Urgensi Pengembangan Sikap Kesadaran Lingkungan Peserta Didik. Sosio Didaktika. 4(1), 45-53.
Nurdin. 2014. Pengaruh Metode Penyuluhan dan Tingkat Pendidikan terhadap Pengetahuan Berwawasan Lingkungan. Jurnal Ilmu Pendidikan. 20(2), 201-206.
Thomson, S., & De Bortoli, L. (2008). Exploring Scientific Literacy: How Australia measures up. Camberwell, Victoria: Australian Council for ducational Research Ltd.
Tytler, R. (2010). Ways forward for primary science education: a review commissioned by the Swedish National Agency for Education. Melbourne: Deakin University.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).