PEMANFAATAN MEDIA TUBOMATIKA (SEBUAH ECO EDUCATION) SEBAGAI UPAYA MENANGGULANGI SAMPAH PLASTIK DI KECAMATAN PANGALENGAN
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3373Kata Kunci:
Eco-education, Tubomatika, Limbah tutup botol plastikAbstrak
ABSTRAK
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu tugas dalam tridharma perguruan tinggi yang harus dilakukan oleh setiap dosen sebagai pelaku pendidikan yang memiliki tugas profesional. Kegiatan PKM ini menjadi sebuah sarana dosen untuk berkontribusi pada masyarakat sesuai dengan bidang keilmuan yang dikembangkan dalam hal ini berkaitan dengan pendidikan matematika. Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan utama yaitu pemanfaatan limbah tutup botol plastik menjadi sebuah media pembelajaran melalui konsep matematika (media yang dimaksud tidak harus selalu digunakan di dalam kelas, namun bisa juga digunakan untuk masyarakat luas). Tutup botol matematika (Tubomatika) yaitu sebuah eco-education (pendidikan ramah lingkungan) yang dilakukan sebagai upaya menanggulangi sampah plastik melalui peran matematika dalam menghasilkan media Tubomatika. Melalui pengabdian ini, masyarakat bukan hanya akan memahami materi dan mewujudkan media yang dirancang, tapi mereka juga secara tidak langsung telah berkontribusi terhadap upaya penanggualangan sampah di Indonesia. Secara umum pengabdian ini menunjang lingkungan eco-education yang saat ini masih jarang dilakukan di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, menjadi sesuatu yang menarik melakukan pengabdian mengenai ini.
Kata Kunci : Eco-education, Tubomatika, Limbah tutup botol plastik
Â
ABSTRACT
The Community Service Activities is one of the tasks in the tridharma of higher education that must be carried out by every lecturer as an educational actor who has a professional assignment. This PKM activity becomes a means of lecturers to contribute to the community in accordance with the scientific field developed in this regard relating to mathematics education. This dedication is carried out with the main objective of utilizing plastic bottle cap waste into a learning medium through mathematical concepts (the media that are meant not to always be used in the classroom, but can also be used for the wider community). The mathematical bottle cap (Tubomatika), which is an eco-education (environmentally friendly education) that is carried out as an effort to tackle plastic waste through the role of mathematics in producing Tubomatic media. Through this dedication, the people will not only understand the material and realize the designed media, but they also indirectly have contributed to efforts to combat waste in Indonesia. In general, this service supports the eco-education environment which is currently still rarely done in Indonesia. Based on this, it becomes something interesting to devote about this.
Keywords: Eco-education, Tubomatika, Waste plastic bottle caps
Referensi
Ansori, A., Mulyono, D., & Rahayu, G. D. S. (2019). CEC (CENTER ECOLITERACY OF CIBEBER) Pusat Kegiatan Reduce, Reuse, Dan Recycle Dalam Upaya Mewujudkan Kawasan Ciseupan Kelurahan Cibeber Sebagai Kawasan Bestari (Bersih, Sehat, Tertib, Dan Lestari). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas), 2, 90–102.
Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik, 6(2), 225–233.
Dinas Lingkungan Hidup. (2018). DLH.pdf. Retrieved July 25, 2018, from https://www.pangalengan.desa.id/index.php/first/artikel/211
Karya Cipta. (2019). Indonesia Bebas Sampah 2020. Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat.
KatkeviÄa, S. (2012). Eco-education. Denmark: Børn & Unge, Children and Youth Department.
Rahmadini, A. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pemanfaatan Lingkungan Dan Alat Peraga Manipulatif Pada Materi Pokok Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun Datar Di SDN Sekaran 01. Universitas Negeri Semarang.
Slamet, J. S. (2009). Kesehatan Lingkungan. Cetakan Kedelapan. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).