PELATIHAN CARA MENANAMKAN KONSEP MATEMATIKA UNTUK ANAK SD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAT PERAGA PADA GURU SD
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3569Kata Kunci:
media alat peraga pembelajaran matematika, batang tulang naphier, siswa sekolah dasarAbstrak
ABSTRAK
Kemampuan pemahaman konsep matematik merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan dalam memahami operasi bilangan. Alat peraga adalah salah satu media yang dapat menyajikan suatu konsep matematika. Dengan bantuan media alat peraga diharapkan siswa mampu menghitung operasi bilangan dengan cepat dan mudah serta paham cara menggunakannya. Media alat peraga diharapkan dapat membantu menanamkan pemahaman konsep siswa dalam belajar matematika khususnya siswa Sekolah Dasar, sehingga tidak memandang matematika itu sulit dan menakutkan. Pengabdian ini ditempuh dalam empat tahap dengan kurun waktu tujuh hari, sebagai berikut: tahap pertama, yaitu mengkoordinasi kegiatan penyuluhan secara keseluruhan; kedua, menyusun jadwal kegiatan, ketiga, menyusun tahap-tahap pembuatan alat peraga, menyusun alat evaluasi; keempat, melakukan pengabdian dilapangan, berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi dengan guru-guru SD.  Pengabdian ini dilakukan sebagai wujud kepedulian pengabdi dalam bidang pendidikan matematika. Media alat peraga yang digunakan dalam pengabdian ini diantaranya batang tulang napier, yang digunakan untuk operasi perkalian bilangan cacah. Alat peraga mistar bilangan, digunakan untuk operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Alat peraga batang tulang napier, dan mistar bilangan diharapkan dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar matematika khususnya siswa Sekolah Dasar, sehingga tidak memandang matematika itu menakutkan dan membosankan.
Kata Kunci: media alat peraga pembelajaran matematika, batang tulang naphier, siswa sekolah dasar
Â
ABSTRACT
The ability to understand mathematical concepts is one of the abilities needed to understand number operations. Teaching aids are one of the media that can present a mathematical concept. With the help of teaching aids, media students are expected to be able to calculate number operations quickly and easily and understand how to use them. Media teaching aids are expected to help instill an understanding of students' concepts in learning mathematics, especially elementary school students, so not looking at mathematics is difficult and frightening. This service was taken in four stages over a period of seven days, as follows: the first stage, which was to coordinate overall outreach activities; second, arrange activity schedules, third, arrange the stages of making teaching aids, arrange evaluation tools; fourth, serving in the field, participating in socialization activities with elementary school teachers. This dedication is done as a form of devotion in the field of mathematics education. Media aids used in this service include Napier bone rods, which are used for multiplication of numbers. The crossbar props, used for integer addition and subtraction operations. Napier bone trunk teaching aids and the ruler of numbers is expected to help students' understanding in learning mathematics especially elementary school students so that they do not view mathematics as scary and boring.
Keywords: mathematics teaching aids media, Napier bone stem, elementary school students
Referensi
Aqib, Z. (2013). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Aristiani, N. (2013). Penggunaan Media Batang Napier dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian Bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas 3 SD 11 Belakang Tangsi Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus.
Azhar, A. (2008). Media Pembelajaran. Media Pembelajaran. https://doi.org/media pembelajaran
Badriyah. (2015). Efektifitas Proses Pembelajaran Dengan Pemanfaatan. Jurnal Lentera Komunikasi.
Djamarah, S. B. (2002). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Harmoko, T. J., Karmanto, K., & Suprihatiningrum, J. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Web Untuk SMA/MA. Jurnal Pendidikan Sains (JPS). https://doi.org/10.26714/JPS.5.2.2017.113-119
Izzati, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kapita Selekta. EduMa.
Lelawarna, L. (2018). Effort Increasing Learning Result Of Communication Operations Calculating Methods Using Napier Bone Students Class Students In Basic Schools 12 Tebat Karai. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 112-119.
Lithanta, A. (2011). Alat Peraga perkalian Model Matrik sebagai media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.
Mandasari, N. (2018). Model Elaborasi Kognitif Siswa dalam Proses Abstraksi Prinsip dan Konsep Matematika Ruang Dimensi Dua di Kelas XI Teknik Las SMKN 1 Curup. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION). https://doi.org/10.31539/judika.v1i1.235
Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2017). Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Sarwahita. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.07
Novitasari, D. (2017). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Novitasari, L., & Leonard, L. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika.
Ruseffendi, E. T. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung: Diktat.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., & Haryono, A. (2014). Media pendidikan pengertian, pengembagan, dan pemanfaatanna. Raja Grafindo Persada, Jakartan.
Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262
Sundayana, R. (2019). Perbandingan Desain Pembelajaran ASSURE dan PPSI untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.420
Supriyadi, D. (2011). Rahasia Berhitung Cepat dan Mudah Metode Batang Napier. Bandung: Prestise Publishing.
Yuliyanti, O. V. (2017). Keefektifan Media Batang Napier dalam Operasi Perkalian Ditinjau dari Minat dan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas III SD Negeri Tegalrejo 2 Yogyakarta. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).