URGENSI BIMBINGAN KARIR DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3570Kata Kunci:
Kata Kunci, Bimbingan Karir, Sekolah Dasar.Abstrak
ABSTRAK
Â
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada guru-guru di Sekolah Dasar Satu Atap Nagrog Wanayasa Purwakarta mengenai pentingnya layanan bimbingan karir bagi siswa kelas VI. Penyampaian materi diakukan dalam bentuk ceramah dan diskusi. Hasil dari kegiatan ini mendapatkan apresiasi positif dari guru-guru terkait dengan pemahaman urgensinya layanan bimbingan karir untuk peserta didik kelas VI, dalam rangka memberikan pembelakan kesiapan bagi peserta didik untuk memilih melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya seperti ke SMP atau Pesantren.
Kata Kunci : bimbingan karir, sekolah dasar.
Â
Â
Referensi
Barus, Gendon dan Sri Hastuti. (2011). Kumpulan Modul Pengembangan Diri. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 447-452.
Gysbers, N. C. (2005). Comprehensive School Guidance Programs in The United States : A Carier Profile. International Journal for Educational and Vocational Guidance. 5, 203215. DOI: 10.1007/s10775-005-8800-7.
Gothard, B., Mignot, P., Offer, M., & Ruff, M. (2001). Careers Guidance in Context. London: SAGE Publication.
Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(4), 447–454.
Kurnianto, A. M. (2018). Pelaksanaan Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar se-Kota Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(4), 25-30.
Kusumaningtyas, D. I., Kumalasani, M. P., & Deviana, T. (2019). Peran Guru SD dalam Memberikan Layanan Bimbingan dan Konseling Di SD Muhammadiyah 8 Kota Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 53-60.
Mulyadi. (2015). Pola Umum Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar (SD) dan atau Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 4(2), 408–417.
Nurihsan, A.J. dan Sudianto, Akur. (2005). Manajemen Bimbingan dan Konseling di SD/MI, Jakarta: Grasindo.
Prayitno. 1997. Pelayanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar. Padang: PT. Ikrar Mandiri Abadi.
Tohirin. (2009). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.
Yusuf, S. & Nurihsan A.J. (2008). Landasan Bimbingan & Konseling, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Widada. (2015). Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Prosiding: Aktualisasi Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar Menuju Peserta Didik yang Berkarakter (pp. 332–342).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).