PENDAMPINGAN LESSON STUDY BAGI GURU SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MA CAHAYA HARAPAN CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v4i1p%25p.3811Kata Kunci:
Lesson Study, Pembelajaran Inovatif, Pembelajaran Matematikan InovatifAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan workshop yaitu melakukan pendampingan pembelajaran Inovatif melalui Lesson Study kepada guru-guru di MA Cahaya Harapan di Wilayah Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Tujuannya untuk memberikan wawasan kepada guru-guru dalam melakukan pembelajaran inovatif. Kegiatan ini bisa dijadikan sebuah luaran dalam bentuk artikel yang dapat bermanfaat bagi para pembaca. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab dan praktek dengan menggunakan Lesson Study.
Kegiatan pengabdian ini terdiri dari beberapa tahapan di lapangan diantaranya yaitu : 1). Penyuluhan mengenai Lesson Study dan pembentukan tim , 2). Melakukan Lesson Study yang terdiri atas 3 tahapan yaitu : a) Merencanakan pembelajaran (Plan), b). Melakukan pembelajaran dan observasi (Do), c). Melakukan refleksi (See). Hasil dari kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif di lapangan diantaranya; guru-guru mulai memahami pembelajaran lesson study, guru-guru terbantu untuk menyusun perangkat pembelajaran secara tersusun.
Referensi
Chamisijatin, L., & Zaenab, S. (2013). Implementasi Lesson Study untuk Meningkatkan Pelaksanaan Pendekatan Scientific Guru IPA SMP Muhamadiyah 6 Kabupaten Malang Proses pembelajaran pada Kurikulum. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 47–60.
Hendayana, S., dkk. (2006). Lesson Study : suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidikan (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung UPI Press.
Hikmawati, J. A. S. (2018). Simulasi Kegiatan Lesson Study Sebagai Upaya untuk Mengembangkan Profesionalisme Pendidik. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 215–222.
Hutajulu, M., Senjayawati, E., Minarti, E, D. (2019). Pendampingan Dan Penulisan Karya Ilmiah Berbantuan Mendeley Bagi Guru Sekolah Menengah di Kecamatan Pangalengan. Abdimas Siliwangi, 03(01), 49–59.
Maipita, I., & Hutasuhut, S. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Berbasis Lesson Study di Sub Rayon SMKN 7 Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(4), 479–483.
Suana Wayan, Wijaya Agung Putra, T. L. (2014). Peningkatan Keterapilan Guru Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Model Lesson Study Berbasis Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 61–71.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).