WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU-GURU SEJARAH KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.4013Kata Kunci:
Workshop, artikel ilmiah, guru sejarahAbstrak
Tulisan ilmiah adalah salah satu kompetensi pengembangan profesi guru yang harus dimiliki oleh seorang guru. Di samping itu tulisan ilmiah juga memiliki angka kredit untuk jabatan fungsional dan sertifikasi guru. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memotivasi dan transfer IPTEK melalui workshop serta pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru yang tergabung dalam MGMP Sejarah Kabupaten Musi Rawas Utara. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini terdiri dari 1) Analisis situasi 2)Â Perancangan program, 3) Pelaksanaan program, 4) Evaluasi. Hasil kegiatan PKM ini adalah tercapainya target program berupa transfer ilmu secara teori dan praktek dalam penulisan artikel ilmiah bagi 20 orang guru-guru MGMP Sejarah Kabupaten Musi Rawas Utara.
Â
Â
Referensi
Aina, M., H, B., SB, R., H, A., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Guru SMA 8 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 30(3), 29–32.
Dwijayanti, R., Marlena, N., Patrikha, F. D., & Parjono. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Maryarakat Madani (JPMM), 1(2), 249–266.
Ilfiandra, Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70–81.
Leo, S. (2010). Kiat Jitu Menulis & Menerbitkan Buku. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal humanity, 10(1), 97–114.
Rohanah, E. (2019). Publikasi Ilmiah Pengembangan Profesi Guru. Jembrana-Bali: CV. Media Education.
Sodiq, I., Suryadi, A., & Ahmad, T. A. (2014). Program Guru Menulis: Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sejarah Dalam Penulisan Karya Ilmiah di Kabupaten Semarang. Rekayasa, 12(1), 42–47.
Sumartini, Mulyani, M., & Nugroho, B. A. (2019). Workshop Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Demak. Jurnal puruhita, 1(1), 54–59.
Zumliyetri, Nurhastuti, & Safaruddin. (2020). Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
https://www.gatra.com/detail/news/444158/milenial/medikbud-sebut-8-tantangan pendidikan-indonesia. Diakses tanggal 28 Oktober 2019.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).