PEMBINAAN HOME MARKETING MODEL BERBASIS ONLINE BAGI KELOMPOK PENGRAJIN SONGKET DALAM UPAYA KETAHANAN EKONOMI DAN KEBERDAYAAN KELUARGA DI DESA BURAI OGAN ILIR
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6283Kata Kunci:
Pembinaan, Pemasaran Berbasis Online, Pengrajin Songket, Ketahanan Ekonomi KeluargaAbstrak
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan peengetahuan, pemahaman dan keterampilan bagi masyarakat tentang pemasaran online produk Usaha Mikro Kecil Menengah bagi pengrajin tenun songket di Desa Burai Ogan ilir Sumatera Selatan. Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan praktik sederhana, kegiatan dilakukan secara tatap muka langsung. Peserta kegiatan adalah ibu-ibu yang memiliki usaha rumahan tenun songket dengan jumlah 23 orang. Adapun tahapan kegiatan yaitu pemberian pre test, dilanjutkan pemaparan materi dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi kemudian ditutup dengan evaluasi kegiatan. Kegiatan pengabdian ini terlaksana dengan baik dan lancar, meskipun keterbatasan masa pandemi. Peserta cukup antusias menghadiri dan mengikuti kegiatan, menyimak pemaparan materi dan diskusi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan presentase pemahaman peserta yang meningkat sebelum kegiatan dan sesudah kegiatan, meskipun sebagian peserta masih ada yang belum memiliki media sosial. Dengan pemahaman peserta terhadap pentingnya pemasaran online terutama masa pandemi sangat diperlukan, diharapkan pemasaran produk yang dihasilkan akan lebih meningkat untuk ketahanan ekonomi dan keberdayaan keluarga setempat.
Referensi
Depdiknas. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa.Cet. Kelima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Florita, Aina, dkk. (2018). Pembinaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Oleh Dinas Koperasi Dan Umkm Kota Padang. JMIAP: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1(1), 143-153.
Mulyawan, R. (2016). Masyarakat, Wilayah dan Pembangunan. Sumedang: UNPAD Press.
Prasetyo, D. W. (2018). Pembinaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Konveksi Desa Karobelah Kecamatan Mojoagung-Jombang. Comvice: Journal of community service, 2(1), 9-14.
Sri, Handini. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Pembangunan UMKM Di Wilayah Pesisir. Surabaya: Scopindo Media Puataka.
Tiktik, S. P., & Abd. Rachman, Soejoedono. (2004). Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Tim Desa Burai. (2020). Data Profil Desa Burai Tahun 2020. Burai: Kantor Desa Burai
Tulus T. H Tambunan. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting. Jakarta: LP3ES
Tulus T. H. Tambunan. (2009). UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.
Undang Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM (Usaha Menengah Kecil dan Mikro).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).