PEMBELAJARAN LESSON STUDY DALAM MENINGKATKAN INOVASI GURU DI KABUPATEN BANDUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6753Kata Kunci:
Pembelajaran Lesson Study, Inovasi PembelajaranAbstrak
Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui respon guru-guru dalam pembelajaran Lesson Study di Desa Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Metode yang akan dipakai dalam penyuluhan ini adalah pelatihan/workshop. Populasi yang akan mendapatkan pelatihan ini adalah guru MA Di Kabupaten Bandung Barat. Pengabdian ini akan dilaksanakan selama 3 bulan dari awal perencanaan penyuluhan sampai dengan menyerahkan laporan pengabdian. Dua tahap dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini yaitu, 1) pemberian penyuluhan tentang pembelajaran dengan menggunakan Lesson Study sehingga guru-guru mendapatkan materi pembelajaran Lesson Study. 2) Pemberian workshop/latihan dalam pembelajaran Lesson Study baik dari perencanaan pembelajaran, melihat proses pembelajaran dengan menggunakan Lesson Study dan guru-guru menjadi observer pembelajaran sampai dengan pengevaluasian pembelajaran.
Referensi
Hasibuan. (2017). Peran Guru dalam Pendidikan. http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/06/peran-guru-dalam-pendidikan.pdf.
Nuryanta, N. (2016). Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kualitas Dan Profesionalitas Pembelajaran. Millah, XIV(2), 91–118. https://doi.org/10.20885/millah.volxiv.iss2.art5
Santoso, E. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Kegiatan Lesson Study di Universitas Majalengka. Bernas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.4324/9781315630243-10
Stepanek. (2003). Researchers in Every Classroom. 4(3), 2–5.
Susilo. (2005). Lesson Study: Apa dan Mengapa. Makalah pada Seminar dan Workshop Lesson Study dalam rangka persiapan Kolaborasi FMIPA MGMP MIPA SMP dan SMA.
Tedjawati, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study: Kasus Di Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 480. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.43
Zubaidah. (2010). Lesson Study Sebagai Salah Satu Model Pengembangan Profesionalisme Guru. https://www.researchgate.net/publication/318040478_lesson_study_sebagai_salah_satu_model_pengembangan_profesionalisme_guru_1
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).