PELATIHAN MENDELEY SEBAHAI DITEKSI PLAGIARISME PADA PENULISAN KARYA TULIS SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6873Abstrak
Penulisan karya tulis ilmiah dewasa ini menjadi sebuah keharusan pada tingkat pendidikan tinggi yang dapat digunakan sebagai persyaratan sidang baik untuk skripsi, tesis maupun desertasi. Pada penulisannya, sebuah karya tulis seharusnya dibentuk dari pemikiran yang berlandaskan kepada disiplin ilmu yang berhubungan dengan data yang digunakan. Kurangnya pemahaman penulis tentang cara mengutip pemikiran orang lain baik dalam bentuk ide maupun pernyataan, menjadikan penulis melakukan penjiplakan karya tulis orang lain yang disebut dengan plagiarisme. Berdasarkan pemahaman tersebut, maka tim berupaya untuk mengedukasi peserta untuk dapat menggunakan sebuah aplikasi yang dapat membantu mereka dalam menghindari plagiarisme yaitu pelatihan Mendeley. Kegiatan ini meliputi tiga Langkah yaitu perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan pelatihan. Selama berlangsungnya kegiatan pelatihan ini, respons yang diberikan oleh peserta sangat baik. Salah satu alasannya karena aplikasi Mendeley ini belum begitu diketahui dan dipahami oleh peserta terutama siswa kelas XI. Kesimpulan yang didapat selama berlangsungnya kegiatan ini adalah peserta semakin paham dengan pentingnya menghindari plagiarisme dalam kegiatan penulisan laporan akhir mereka dan pentingnya pencantuman nama sumber sebagai bentuk penghargaan kepada penulis asli.
Referensi
Erdianosmoy. (2014). Definisi Karya Tulis Ilmiah menurut Ahli. Retrieved March 26, 2020, from http://edrianosmoy.blogspot.com/2014/09/definisi-karya-tulis-ilmiah-menurut-ahli.html
Herqutanto. (2013). Plagiarisme, Runtuhnya Tembok Kejujuran Akademik. EJournal Kedokteran Indonesia, 1(1).
Istiana, P., & Purwoko. (2016). Panduan Anti Plagiarisme. Jogyakarta.
Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2).
Munif, A. (2017). Penulisan karya tulis ilmiah. https://doi.org/10.1021/ci025535l
Pardede, P. (2017). Penulisan Karya Ilmiah. Bandung.
Putra, harry D. (2014). Karya Tulis Ilmiah. Retrieved March 26, 2020, from https://www.academia.edu/9680635/KARYA_TULIS_ILMIAH
Shadiqi, M. A. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah. Buletin Psikologi, 27(1).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).