PENDAMPINGAN KEGIATAN BEBAS MELA (BELAJAR CERDAS MENDUKUNG LITERASI ANAK) KEPADA GURU-GURU SEKOLAH SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6913Kata Kunci:
pendampingan, literasi anak, sekolah dasarAbstrak
Secara umum, tujuan jangka panjang program pengabdian ini adalah mengembangkan suatu proses pengabdian yang inovatif melalui penyuluhan bagi guru-guru Sekolah Dasar dalam upaya meningkatkan kesadaran tentang literasi anak sehingga dapat menunjang proses belajar peserta didik secara maksimal. Secara khusus, target khusus yang ingin dicapai sebagai berikut: (1). Meningkatkan pemahaman guru-guru tentang pentingnya kemampuan literasi anak; (2). Meningkatkan kemampuan literasi anak khusunya peserta didik usia sekolah dasar. Metode pelaksanaan dalam pencapaian tujuan tersebut sebagai berikut: (a). perizinan terhadap Dinas setempat terkait pengabdian terhadap guru-guru sekolah dasar; (b). Memberikan gambaran umum mengenai kegiatan pengabdian yang akan dilakukan; (c). Melakukan refleksi dan diskusi mengenai berbagai kegiatan pengabdian yang akan dilakukan; (d). Melakukan kolaborasi dengan ahli dalam menyusun materi yang menunjang literasi anak, (e). Pelaksanaan kegiatan penyuluhan ; (f). Evaluasi kegiatan penyuluhan, (f) Penarikan kesimpulan pelaksanaan penyuluhan, dan (g) Publikasi luaran pengabdian.Referensi
Agustin, M., Setiyadi, R., & Puspita, R. D. (2020). Burnout Profile of Elementary School Teacher Education Students (Estes): Factors and Implication of Guidance and Counseling Services. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 4(1), 38. https://doi.org/10.22460/pej.v4i1.1640
Kern, G. (2019). Development of Child Literacy from Time to Time (VIII). Oklahoma: Oklahoma Publish Co.Ltm.
Radesi, M. (2014). Pengaruh penerapan model Concentrated Language Encounter (CLE) terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Inggris ditinjau dari motivasi berprestasi siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Amlapura. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia.
Rahayu, G. D., & Setiyadi, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dengan Menggunakan Metode Hands On Activity. Primaryedu, 9(2), 11–18.
Suherman, J., & Firmansyah, A. (2017). Implementasi Bahan Ajar berbentuk Majalah Online dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 8(1), 17–26.
Suryadi, D. (2016). Manusia dan Kemampuannya. Bandung: Rosda Karya.
Wahyudin, U., & Agustin, M. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.
Zulkarnaen, E. (2016). Sumber Literasi Untuk Anak Usia Sekolah Dasar (IX). Bandung: CV. KingQlaban Putra.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).