MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MELALAUI PENULISAN ARTIKEL ILMIAH
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6945Kata Kunci:
Scientific Articles, Teachers, ProfessionalismAbstrak
Salah satu masalah dalam pemgembangan profesionalisme guru adalah keterampilan guru dalam menulis jurnal ilmiah dan mempublikasikannya pada jurnal nasional maupun pada jurnal terakreditasi. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan dan pembimbingan dalam penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru yang ada di SMP dan SMA Putra Juang Haur Wangi. Dengan jumlah25 orang, 10 orang guru SMA, 10 orang guru SMP dan 5 orang guru SD. Metode yang diberiakan adalah metode klasikal seperti pemberian materi secara teoritis dan praktis mengenai penulisan artikel, membuat abstrak, membuat pendahuluan. Membuat hasil dan pembahasan , dan terakhir membuat bahan daftar rujukan. Pada tahap akhir dilanjutkan dengan metode individual dengan cara pemberian  pembimbingan secara individu sehingga bapak/ibu guru dapat  dibantu mereview secara langsung atau melalui email agar artikel ilmiah yang dibuat dapat diterbitkan pada jurnal terakreditasi.  Melaui kegiatan pengabdian ini, diharapkan instansi sekolah atau pendidikan terkait memiliki sebuah jurnal, sehingga guru-guru tidak perlu mencari jurnal yang lainnya untuk keperluan publikasi. Guru-guru
Referensi
Dalman. (2011). Menulis Karya Ilmiah. Depok : Rajawali Press.
Fahdini, R., Mulyadi, E., Suhandani, D., & Julia, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, 1 (1),33-42.Doi:http://dx.doi.org/10.17509/mimbar.
Kurniasih, B. (2017). Guru SD Diajak Aktif Menulis Karya Ilmiah. Diakses dari https://edukasi.kompas.com/read/2017/11/10/18283221/guru-sd-diajak-aktif-menulis-karyailmiah. Kurniasih, B. (2017). Guru SD Diajak Aktif Menulis Karya Ilmiah. Diakses dari https://edukasi.kompas.com/read/2017/11/10/18283221/guru-sd-diajak-aktif-menulis-karyailmiah.
Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Cetakan Ke-3. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahmanto, D. (2008). Penulisan Ilmiah. Bandar Lampung : STKIP PGRI.
Riduan. (2008). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan , 3. https://doi.org/DOI: 10.24034/j25485024.y1999.v3.i2.1886.
Sudjana, N., & Laksana, U. (2004). Menyusun Karya Tulis Ilmiah untuk Memperoleh Angka Kredit. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Zaenudin. (2004). Panduan Praktek Penulisan. Jakarta : Pentara Cipta Prima.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).