PELATIHAN TOEFL UNTUK UMUM MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.7028Kata Kunci:
Social Distancing, TOEFL, ZoomAbstrak
TOEFL adalah kepanjangan dari Test of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat. Secara umum tes ini untuk menilai kemampuan menulis dan tata bahasa yang baik dalam bahasa Inggris agar mampu membuat tulisan ilmiah. TOEFL sangatlah dibutuhkan oleh semua kalangan tidak hanya oleh mahasiswa. Berdasarkan studi awal dengan melibatkan mahasiswa dan umum sebagai sampel didapatkan bahwa 98% menyatakan bahwa mereka membutuhkan sebuah pelatihan TOEFL karena mengingat pentingnya TOEFL dalam dunia pendidikan dan dunia kerja. Akan tetapi adanya pemberlakuan Social Distancing yang diberlakukan oleh pemerintah menjadikan pelatihan dan pembelajaran dilakukan salah satunya menggunakan solusi aplikasi interface online yaitu menggunakan aplikasi Zoom. Tujuan pengabdian ini memberikan pelatihan TOEFL untuk umum dengan menggunakan aplikasi Zoom. Metode pelatihan ini kegiatan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini terbagi menjadi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tahap monitoring. Dampak dari kegiatan ini adalah: 1) terciptanya situasi dan kondisi pelatihan TOEFL yang dapat menaikan motivasi belajar, 2) terciptanya respon postif dari para peserta yang ikut dalam pelatihan ini, dan 3) peningkatan pengetahuan tentang tips dan trik menjawab soal tes TOEFL.
Referensi
Alderson JC, Hamp-Lyons L. TOEFL preparation courses: a study of washback. Language Testing. 1996;13(3):280-297. doi:10.1177/026553229601300304
Isaac, W, and W Justin. 2009. “Relationship Between TOEFL Score and Academic Success for International Engineering Students.†Journal of Engineering Education 98(4): 389.
Hartono, Didik, Devita Puspita Ratri, and Isti Purwaningtyas. 2017. Cara Mudah Menguasai TOEFL. ed. Ub Press Team. Malang: UB Press.
Hasriani, G., Risan, R., & Nasta, M. (2008). Pelatihan TOEFL bagi Lembaga MAMMESA. 238–240.
Kim, J., Zhang, J., Cha, Y., Kolitz, S., Funt, J., Chong, R. E., Barrett, S., Zeskind, B., Kusko, R., & Kaufman, H. (2020). Coronavirus Disease - 2019 (COVID- 19). ChemRxiv, 2019(April). https://doi.org/10.26434/chemrxiv.12037416.v1
Kurasi, Syamsuriana. 2012. “The Correlation Between The Students’ Attitude and English Proficiency of the Second Year Students of SMK Negeri 1 Enrekang.†UIN Alauddin Makassar.
Phillips, Deborah. 2011. Complete Course for the TOEFL Test. Allen Asch. USA: longman.
Purnomo, H., Mansir, F., Tumin, T., & Suliswiyadi, S. (2020). Pendidikan Karakter Islami Pada Online Class Management di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 91–100. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3456
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).