PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i1.8339Kata Kunci:
pelatihan, pendampingan, Google Classroom, daringAbstrak
Pandemi Covid 19 sudah melanda Indonesia sejak 2019. Pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan berganti kebijakan menjadi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kebijakan PPKM berimbas pada pelarangan untuk keluar, bekerja maupun bersekolah. Untuk dapat terus menjalankan proses kegiatan belajar pada Taman kanak – kanak Al Quran Terpadu (TKA-T) Hayaatul ‘ilmi dibutuhkan suatu inovasi pembelajaran berbasis teknologi informasi yang efektif dan efisien. Google classroom merupakan aplikasi pembelajaran berbasis teknologi informasi yang dikeluarkan oleh google dalam pembelajaran secara daring. Melihat pentingnya pemahaman dan pemanfaatan Google Classroom maka Program kemitraan masyarakat (PKM) bertujuan untuk membantu implementasi Google Classroom sebagai Learning Management System untuk mempermudah proses pembelajaran secara daring.Â
Referensi
Durahman, D. (2018). Pemanfaatan Google Classroom sebagai Multimedia Pembelajaran bagi Guru Madrasah pada Diklat di Wilayah Kerja Kemenag
Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. vol, 2, 1-6. Kabupaten Cianjur. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 12(34), 215-221.
Inoue, M., & Pengnate, W. (2018, May). Belief in foreign language learning and satisfaction with using Google classroom to submit online homework of undergraduate students. In 2018 5th International Conference on Business and Industrial Research (ICBIR) (pp. 618-621). IEEE.
Mantalean Vitorio. (2021). Depok Tetapkan 632 RW Zona Merah Covid-19 Periode 1-14 Februari 2021. diakses pada https://megapolitan.kompas.com/read/2021/02/11/15393031/depok-tetapkan-632-rw-zona-merah-covid-19-periode-1-14-februari-2021-ini?page=all
Rahayu, S., & Inayah, R. (2021). PELATIHAN GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU SMP&SMA SE-KECAMATAN LEMAHSUGIH KABUPATEN MAJALENGKA. Abdimas Siliwangi, 4(2), 344-353.
Sibero, A. F., Manurung, I. H., & Sitanggang, R. (2020). Pelatihan Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dan Evaluasi Guru Di Smk Negeri 11 Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 107-114.
Sukmawati, S. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4.0. Jurnal Kreatif Online, 8(1).
Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii. Inspirasi (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial), 17(1).
Yanto, B., Setiawan, A., & Husni, R. (2020). PKM Blended Learning dengan Google Classroom for Education bagi Guru SMA Sederajat di Kecamatan Tambusai Provinsi Riau. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(1), 15-24.
Ventayen, R. J. M., Estira, K. L. A., De Guzman, M. J., Cabaluna, C. M., & Espinosa, N. N. (2018). Usability evaluation of google classroom: Basis for the adaptation of gsuite e-learning platform. Asia Pacific Journal of Education, Arts and Sciences, 5(1), 47-51.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).