PENINGKATAN HASIL PRODUKSI MASKER PADA UKM HAMDALAH MELALUI DIGITAL MARKETING
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i2.9479Abstrak
Keberadaan virus Covid 19 menyebabkan sendi-sendi kehidupan porak-poranda. Banyak masyarakat memiliki kekhawatiran dan ketakutan dengan keberadaannya. Seluruh masyarakat terdampak dengan adanya Covid 19. Salah satu usaha bidang masyarakat yang terdampak adalah hasil produksi dari usaha kelompok kecil dan menengah (UMKM), salah satunya seperti yang terjadi pada UKM Hamdalah. Keberadaan Covid 19 membuat UKM Hamdalah memutar otak kemudian muncul ide dan gagasan untuk membuat masker dari kain perca (kain sisa). Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan kain perca yang sudah tidak digunakan dan diproses dengan nilai jual tinggi. Hasil produksi masker milik UKM Hamdalah ini mampu memproduksi hingga 500 buah masker per hari. Jenis pemasaran bisa langsung ke tempat UKM Hamdalah (offline) yang terletak di Jalan Sunan Ampel Kelurahan Jrebeng Lor Kecamatan Kedopok Kota Proboinggo. Disamping itu, pemasaran dilakukan melalui online dengan memanfaatkan marketing digital yang dibuat oleh kelompok mahasiswa KKN Kec. Kedopok Kota Probolinggo. Keberadaan kelompok mahasiswa KKN Kec. Kedopok Kota Probolinggo dirasakan oleh masyarakat Kedopok dan sekitarnya seperti yang dialami oleh UKM Hamdalah ini. Hasil produksi penjualan yang semula hanya bersifat menunggu konsumen datang ke tempat mitra, omset penjualan kemudian naik cukup signifikan dengan adanya peran sosial media yang dimanfaatkan untuk penjualan masker ini.
Referensi
Barrett, M. (2015). Service innovation in the digital age: Key contributions and future directions. MIS Quarterly: Management Information Systems, 39(1), 135–154. https://doi.org/10.25300/MISQ/2015/39:1.03
Chu, D. K. (2020). Physical distancing, face masks, and eye protection to prevent person-to-person transmission of SARS-CoV-2 and COVID-19: a systematic review and meta-analysis. The Lancet, 395(10242), 1973–1987. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)31142-9
Imam Safi'i, A. I. (2021). Pembuatan Masker dan Bilik Disinfektan Sebagai Upaya Membantu Masyarakat Terdampak Covid 19. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 10.
Kumar, A. (2016). From social to sale: The effects of firm-generated content in social media on customer behavior. Journal of Marketing, 80(1), 7–25. https://doi.org/10.1509/jm.14.0249
Mayasiana, N. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Kain 3 Lapis Untuk Pencegahan Covid 19. Majalah Ilmiah "Pelita Ilmu", 15.
Sashi, C. M. (2012). Customer engagement, buyer-seller relationships, and social media. Management Decision, 50(2), 253–272. https://doi.org/10.1108/00251741211203551
Sucika Armiani, S. R. (2020). Pelatihan Pembuatan Masker Sebagai Upaya Antisipasi Penyebaran Covid 19 di Desa Anyar Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Kepada Masyarakat , 6.
Wang, C. (2020). A longitudinal study on the mental health of general population during the COVID-19 epidemic in China. Brain, Behavior, and Immunity, 87, 40–48. https://doi.org/10.1016/j.bbi.2020.04.028
Wardiyah Daulay, M. L. (2020). Pemanfaatan Kain Perca Untuk Pembuatan Masker Kain (Main) Anti Virus dalam Rangka Pencegahan Virus Covid 19 Pada Rumah Jahit Sekitaran Medan Johor. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service), 9.
Wiersinga, W. J., Rhodes, A., Cheng, A. C., Peacock, S. J., & Prescott, H. C. (2020). Pathophysiology, Transmission, Diagnosis, and Treatment of Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): A Review. JAMA - Journal of the American Medical Association, 324(8), 782–793. https://doi.org/10.1001/jama.2020.12839
Zhong, B. L. (2020). Knowledge, attitudes, and practices towards COVID-19 among chinese residents during the rapid rise period of the COVID-19 outbreak: A quick online cross-sectional survey. International Journal of Biological Sciences, 16(10), 1745–1752. https://doi.org/10.7150/ijbs.45221
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).