PENGENALAN DESIGN-THINKING MENGGUNAKAN CANVA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i2.9707Kata Kunci:
Canva, design-thinking, user interface, user experienceAbstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan mempengaruhi proses penyampaian dan cara belajar siswa. Pola pembelajaran yang dahulu merupakan teacher-centered learning bergeser ke student-centered learning. Salah satu bagian dari pergeseran pola belajar ini adalah semakin dalamnya integrasi (TIK) dalam pendidikan. Pengajar akan menggunakan TIK dalam menjelaskan materi-materi yang diberikan dan siswa akan menggunakan TIK untuk membuat tugas-tugas yang diberikan. Canva merupakan salah satu kakas yang dapat digunakan sebagai media dan penyampaian pembelajaran dengan konsep design-thinking. Konsep pembelajaran tersebut diusung dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang ditujukan untuk siswa sekolah menengah tingkat atas (SMA). Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring secara paralel untuk tujuh kelas tingkat XI yang diawali dengan penyampaian materi kemudian dilanjutkan dengan pembuatan proyek Canva secara berkelompok. Tema yang diusung pada pembuatan proyek ini adalah pengembangan budaya wisata dan kuliner yang ada pada daerah masing-masing anggota kelompok. Melalui proyek ini, siswa diajak untuk saling berkolaborasi secara daring untuk menggabungkan ide dan kreativitas sehingga menghasilkan sebuah karya yang dengan memperhatikan target dan point-of-view audiensi. Evaluasi dari kegiatan yang dilaksanakan menunjukkan bahwa materi yang diberikan dapat menarik minat siswa untuk mengembangkan kemampuan yang dapat berguna selama proses pembelajaran di sekolah.Referensi
Canva. (t.thn.). Learn to Solve a Problem Like a Designer. Dipetik October 12, 2021, dari https://www.canva.com/learn/design-thinking/
Christiana, E., & Anwar, K. (2021). The Preception of Using Technology Canva Application as a Media for English Teacher Creating Media Virtual Teaching and English Learning in Loei Thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 62-69.
Fadzil, H. M. (2018). Designing Infographics for the Educational Technology Course: Perspective of Pre-Service Science Teachers. Journal of Baltic Science Education, 17(1), 8-18.
Ferreira, C., Baptista, M., & Arroio, A. (2013). Teachers' Pedagogical Strategies for Integrating Multimedia Tools in Science Teaching. Journal of Baltic Science Education, 12(4), 509-524.
IMG online. (2018). Cut Photo Into Equal Parts Online. Dipetik October 5, 2021, dari https://www.imgonline.com.ua/eng/cut-photo-into-pieces.php
Komalasari, Y., Muharrom, M., & Sumbaryadi, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kel. Kebon Bawang Jakarta Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 71-77.
PineTools. (2016). Split Image Online. Dipetik October 5, 2021, dari https://pinetools.com/split-image
Postcron. (2015). Resize, Convert, Split, Crop Your Image Online. Dipetik October 5, 2021, dari https://postcron.com/image-splitter/en/
Rosidah, A. (2021, November 5). Memanfaatkan Canva for Education untuk Membuat Media Pembelajaran Digital. Diambil kembali dari https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/memanfaatkan-canva-for-education-untuk-membuat-media-pembelajaran-digital/
Senjaya, W. F., Karnalim, O., Handoyo, E. D., Santoso, S., Tan, R., Edi, D., & Wijanto, M. C. (2019). Peran Infografis Sebagai Penunjang Dalam Proses Pembelajaran Siswa. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 55-62. doi:10.24071/altruis.2019.020108
Tan, R., Wijanto, M. C., Karnalim, O., Budi, S., Ayub, M., Yulianti, D. T., . . . Nathasya, R. A. (2021). Pengembangan Pola Berpikir Sistematis Melalui Pengenalan Pemrograman Visual Pada Peserta Didik Tingkat Menengah Atas. Altruis Journal of Community Service, 98-102. doi:10.22219/altruis.v2i4.18427
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).