MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI MEDIA SOSIAL YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN DARING

Shalma Husyun Nisaa(1*), Agus Hasby Noor(2), Rohmalina Rohmalina(3)

(1) PAUD Nurul Zahra Bandung Jawa Barat
(2) Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
(3) Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
(*) Corresponding Author

Abstract


Motivating children's learning is an obligation that must be done by an educator and those around the child for encouragement from within the child himself, because one of the activities that children may not like is learning, therefore the encouragement of learning motivation is very important to do. Because indeed at his age children have limitations in concentration. Activities used to motivate children's learning through YouTube social media are carried out remotely (online), by watching videos on how to draw mangoes. The purpose of this study was to increase children's learning motivation through YouTube social media in online learning in group b at PAUD Nurul Zahra Bandung. The method used in this research is Classroom Action Research (CAR). The subjects in this study were 5 children, namely 2 girls and 3 boys. Data collection techniques using observation. The data analysis technique used in this research is qualitative data analysis. Based on the results of the study, it was found that 80% of learning motivation increased after watching videos on how to draw mangoes with youtube media.

Memotivasi belajar anak adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang pendidik dan orang di sekitar anak untuk adanya dorongan dari dalam diri anak itu sendiri, karena salah satu kegiatan yang mungkin kurang anak sukai yaitu belajar, oleh karenanya dorongan motivasi belajar sangatlah penting dilakukan. Karena memang pada usianya anak mempunyai keterbatasan dalam konsentrasi. Kegiatan yang digunakan untuk memotivasi belajar anak melalui media sosial youtube yang dilakukan secara jarak jauh (daring), dengan kegiatan menonton video cara menggambar buah mangga. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar anak melalui media sosial youtube dalam pembelajaran daring pada kelompok b di PAUD Nurul Zahra Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 anak yaitu 2 anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknis analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil 80% motivasi belajar meningkat setelah dilakukannya kegiatan menonton video cara menggambar buah mangga dengan media youtube.


Keywords


Learning Motivation; Youtube Social Media; Learning Online

Full Text:

PDF

References


Anggriawan, (2021) pengaruh media sosial bagi masyarakat. Retreived 12 mei 2021 from :https://kominfo.bengkulukota.go.id/pengaruh-media-sosial-terhadap-perilaku-masyarakat/

Berliner, & Gage, (1979). Pemberian motivasi belajar anak usia dini. Retreived 13 januari 2020 from : http://etheses.uin-malang.ac.id/1517/6/11410131_Bab_2.pdf

Fadillah, (2020) MENGHIDUPKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DENGAN METODE MEDIA SOSIAL SOSIAL YOUTUBE. 2 (3). 113-213

Mushlihatun, (2017). tahapan tindakan penelitian kelas. Retreived juli 8, 2021, from : https://www.msyarifah.my.id/tahap-penelitian-tindakan-kelas-siklus-penelitian/

Rismayanti (2016) Pengaruh Konsentrasi pada anak. Retreived 2 april 2021 from : http://eprints.umm.ac.id/36840/1/jiptummpp-gdl-azizahnurl-51531-1-pendahul-n.pdf

Ruangmom, (2021). golden age (masa emas anak) retrieved agustus 10, 2021, from : https://www.ruangmom.com/golden-age.html

Sugiyono, (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sadirman. (2011), Interaksi dan Motivasi Belajar Anak. Retreived 11 april 2021 from: http://eprints.ums.ac.id/38913/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Silberman, (1996). Metode STEAM

retrieved juli 2, 2021, from : https://www.scirp.org/(S(lz5mqp453edsnp55rrgjct55))/reference/referencespapers.aspx?referenceid=2467408

Winarti E., Rohmalina R.. (2020) KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS UNTUK MENINGKATKANIMAJINATIF ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif. 3 (5). 488-495




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v5i3.10520

Article Metrics

Abstract view : 29 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building H, First Floor, Room H-3

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id or jurnalceriapaud@gmail.com


Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2614-4107

View My Stats