PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD MELAUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Heti Rukmini Bakti Asih, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Agus Sumitra Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultasi Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.
  • Sharina Munggaraning Westhisi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultasi Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i3.10946

Keywords:

Pedagogic Competence, Early Childhood, Audio-Visual Media, The Covid-19 Pandemic

Abstract

This research is motivated by the facts that occurred in Bakti Asih Kindergarten during the Covid-19 pandemic, namely teachers were confused about how to learn the right way during this pandemic due to the teacher's lack of mastery of technology. In this case, the Foundation organizes training for PAUD teachers regarding the making of learning videos in order to increase pedagogic competence. This study aims to describe improving the pedagogic competence of PAUD teachers through audio-visual media during the Covid-19 pandemic. The research subjects were five teachers at Bakti Asih Kindergarten, Bandung. The type of research used is descriptive qualitative, where data collection is carried out namely observation, interviews, and questionnaires. Data analysis is in the form of data reduction activities, data display, and conclusion drawing. The results showed that of the five kindergarten teachers at Bakti Asih Kindergarten, three teachers already understood and mastered technology very well and two teachers still needed help with obstacles they still did not understand and lacked knowledge of technology. This shows that the pedagogic improvement of PAUD teachers in audio-visual media is very much needed. Teachers respond well and are motivated to continue to improve their pedagogical abilities so that online learning that is carried out remains fun and not boring for children.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang terjadi di TK Bakti Asih selama masa pandemi Covid-19, yaitu guru kebingungan menentukan bagaimana cara belajar yang tepat pada masa pandemi ini dikarenakankurangnya penguasaan ilmu teknologi yang dimiliki oleh guru. Dalam hal ini Yayasan menyelenggarakan  pelatihan bagi guru PAUD  mengenai pembuatan video pembelajaran dalam rangka peningkatan kompetensi pedagogik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  peningkatan kompetensi pedagogik guru PAUD melalui media audio visual  dimasa pandemi Covid-19. Adapun subjek penelitian lima orang guru di TK Bakti Asih Bandung. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, dimana pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan angket. Analisis data berupa aktifitas reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dari lima orang guru taman kanak-kanak di TK Bakti Asih tiga orang guru sudah paham serta menguasai betul tentang ilmu teknologi dan dua orang guru masih memerlukan bantuan dengan kendala masih belum paham dan kurang menguasai ilmu teknologi . Hal ini menunjukkan  peningkatan pedagogik guru PAUD media audio visual sangat di perlukan. Guru merespon dengan baik dan termotivasi untuk terus meningkatkan kemampuan pedagogiknya agar pembelajaran daring yang dilaksanakan tetap menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak.

References

Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar , A .( 2020 ) Virtual Learnig During the COVID -19 Pandemic. journal of the American College of Cardi-alogy, 75(20), 2635-2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Alwiyah, D., & Imaniyati, N .( 2018 ) Ket-erampilan Mengajar Guru dan Kesiapan Belajar Siswa sebagai Determinan Terhadap Hasil Bela-jar Siswa. jurnal MANAJERIAL, 17(1), 95. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9767

Ayuni. D., Mariani. T., Fauziddin. M., Pahrul.Y.,(2021) Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid -19. jurnal Obsesi : jurnal pendidikan Anak Usia Dini 5(1), 414-421.https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Damanik, B.E.(2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pen-didikan, 9(1),46.http://doi.org/10.26858/publikasi.v9i1.7739 (2 september 2020 ).

Dale, E. (1969). Audio Visual Methods in teaching, (3th Edition). New Jer-sey: Dryden Press.

Djamrah & Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Emda, A. ( 2018 ). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Lantanida jurnal, 5(2)172. https://doi.org/10.22373/Ij.v5i2.2838 ( 2 september 2020)

Minicozzi, L. L. (2016), “The garden is thorny: Teaching kindergarten in the age of accountabilityâ€, Global Studies of Childhood, 6(3), pp. 299–310. doi: https://doi.org/10.1177/2043610616664817

Miles, M., & Huberman, M. (2005). No Qualitative Data Analysis. UI Press.

Sum., T. A. Taran., E. G. M. ( 2020 ). Kompetensi Pedagogik Guru Paud Dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. jurnal obsesi : jurnal pendidikan anak usia dini. http://doi: 10.31004/ ob-sesi.v4i2.287

Sukardi, S., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Online Dilengkapi Dengan Tutorial Ter-hadap Hasil Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelaja-ran Informatika), 4(2), 97. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i2.1066

Undang-undang RI Nomor .14 tahun 2005 Tentang Guru / Dosen. Jakarta: Republik Indonesia

Peraturan Menteri Pendidikan & Ke-budayaan Nasional RI Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Peraturan Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa darurat COVID -19.

Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 Tentang Standar pendidik dan Tenaga Kependidikan

Downloads

Published

2022-06-09