PENANAMAN SIKAP TELADAN NABI MELALUI VIDEO CERITA KISAH NABI DENGAN MEDIA ANYBOARD

Authors

  • Nida Nabilah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultasi Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.
  • Anita Rakhman Program Studi Pendidikan Masyarakat, Fakultasi Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i4.11047

Keywords:

The Prophet's Example, The Prophet's Story, Anyboard, Early Childhood

Abstract

The use of learning media must keep up with the times to make time and space-efficient, conveying information more quickly, attracting and developing children's imaginations. The purpose of this research is to identify and describe the use of modern learning media using anyboard media to instill the prophet's exemplary attitude toward children. The method used in this research is descriptive qualitative with data analysis that refers to the table of indicators of exemplary attitude assessment that children can follow. The data collection technique in this research was carried out using documentation, observation, and in-depth interviews with the research subjects, namely 8 children consisting of 5 girls and 3 boys located in TKQ AL-KARIM. The data processing technique used by the researcher is data reduction, data display, and data conclusion. From the results of interviews and observations, it was found that video stories of the prophet's story with anyboard media, could instill the prophet's exemplary attitude in children. The exemplary attitude that has been instilled is forgiving, humble, and maintaining good manners.

Penggunaan media pembelajaran harus mengikuti zaman yang dapatmemberikan kemudahan waktu dan tempat yang ada, menyampaikan informasi secara lebih cepat, menarik sertamengembangkan imajinasi anak. Karena itu, tujuandari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan penggunaan media pembelajaran anyboard dalam penanaman sikap teladan nabi melalui video cerita nabi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahdeskriptifkualitatif dengan analisis data yang mengacupada tabel indikator penilaian sikap teladan yang dapat anak ikuti. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, Observasidan wawancara mendalam dengan subjek penelitian yaitu 8oranganakterdiri dari 5anak Perempuandan 3anak laki-lakiyang berlokasi di TKQ AL-KARIM.Teknik pengolahan data yang digunakan penelitiadalah denganReduksi data, display data dan kesimpulan data. Dari hasilwawancara, observasi dan dokumentasi yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa melalui video cerita kisah nabi dengan media anyboard dapat menanamkan sikap teladannabipada anak. Sikap teladan yang telah ditanamkan yaitu suka memaafkan, rendah hati, dan menjaga sopan santun.

References

Arif,A., Dirgahayu., Osti, A. L., & Nurwahida. (2017). Peningkatan Kualitas Moral Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Tangan Ber-basis Kisah Keteladanan Nabi dan Rasul Di TK/TPA Nurhidayah Kampung Parang Desa Palangga. Jurnal Penelitian dan Penalaran Universitas Muhammadiyah Makassar.4(2).1-13.

Aswandi. (2011). Pendidikan karakter (Jurnal Publikasi Ilmiah PU UPI) asosiasi arjana dan Dosen PU, Bandung

Djuwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 27-36.

Napitupulu, D. S. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Pada Kisah Nabi Adam AS. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 243-256.

Na’imah, T. (2018, December). Internalisasi Nilai Akhlaqul Karimah Dalam Pendidikan Karakter. In SemNasPsi (Seminar Nasional Psikologi) (Vol. 1, No. 1, pp. 73-86).

Novalita, R. (2014). Pengaruh perencanaan pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran (suatu penelitian terhadap mahasiswa pplk program studi pendidikan geografi fkip universitas almuslim). Lentera: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 147059.

Haryadi, T., & Ihya'Ulumuddin, D. I. (2016). Penanaman nilai dan moral pada anak sekolah dasar dengan pendekatan storytelling melalui media komunikasi visual. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 2(01), 56-72.

Hasyimi, M., A., (1994). Apakah Anda Berkepribadian Muslim. Jakarta: Gema Insani Pess

Imron, A., & Benty, D. D. N. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Sopan Santun Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 182-191.

Iswari, N., & Sri Hartini, S. H. (2017). Implementasi Keteladanan Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas 3 SD Muhammadiyah 21 Baluwarti Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rohendi, E. (2018). Mengembangkan Sikap dan Perilaku Anak Usia Dini melalui Pendidikan Berbasis Karakter. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Satibi, O. (2004). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai agama. Jakarta

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet, hlm 227.

Downloads

Published

2022-07-27