PENERAPAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN AWAL ANAK MELALUI PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Elis Darliah Raudhatul Athfal (RA) Sabilil Huda, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat, Inonesia
  • Arifah A Riaynto Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Indonesia.
  • Ghina Wulansuci Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i4.11482

Keywords:

Early Al-Quran Readin, , Information and Communication Technology Media, Online Learning

Abstract

This research is motivated by the fact that the early reading ability of children at RA Sabilil Huda is still not optimally developed during online learning. This study aims to describe scenarios and implementation, teacher and child responses, and difficulties and obstacles faced by teachers and children in the application of information and communication technology media in improving children's early Al-Quran reading skills through online learning at RA Sabilil Huda. The method used in this study is a qualitative descriptive method with the research subject being 12 children of the A2 group RA Sabilil Huda, with the interview, observation, and documentation data collection techniques. Data were analyzed through data reduction, data display, and verification or drawing conclusions. After 8 meetings, the results of the study describe that the implementation of the application of information and communication technology media consists of planning, implementation, and evaluation, teachers and children show good responses, child difficulties found are parents' time and children's interest in learning, teacher obstacles found are when learning evaluation.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa kemampuan baca Al-qur’an awal anak di RA Sabilil Huda masih belum berkembang dengan optimalsaat pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skenario dan implementasi, respon guru dan anak, kesulitan dan kendala yang dihadapi guru dan anak dalampenerapan media teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan kemampuan baca Al-qur’an awal anak melalui pembelajaran daringdi RA Sabilil Huda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu anak kelompok A2 RA Sabilil Huda yang berjumlah 12oranganak, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.Setelah 8 kali pertemuan hasil penelitian mendeskripsikan bahwa implementasi penerapan media teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, guru dan anak menunjukan respon yang baik, kesulitan anak yang ditemukan adalah waktu orang tua dan minat belajar anak, kendala guru yang ditemukan adalah saat evaluasi pembelajaran. 

References

Dini, L. A., Muryani, S., & Nisa, K. (2019). Aplikasi Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Sebagai Media Pembelajaran Anak. Jurnal Media Informatika Budidarma, 3(4), 334-339.

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: ajian Kualitatif Deskriptif. Sepren: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), 50.

Iftitah, S. L. (2019). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini (Vol. 111). Duta Media Publishing.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta:Kencana.

Mawar, M., Salamah, D. N., & Fauziah, A. L. (2021, February). Sosialisasi Peranan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Bagi Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Mukhtar, P. D., & Pd, M. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Munir. 2012. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi. Bandung: Alfabeta.

Prasetyo, T., & Zulela, M. S. (2021). Proses Pembelajaran Daring Guru Menggunakan Aplikasi Whatsapp Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 138-150.

Rahayu, T. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Bahan Alam Pada Anak Kelmpok B TK PKK Selodono Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal.

Riyana, C. (2008). Peranan teknologi dalam pembelajaran. Universitas Indonesia, Jakarta.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198.

Sholihat, S. S. (2019) Upaya meningkatkan kemampuan membaca Huruf Hijaiyah melalui media papan flanel: Penelitian tindakan kelas di Kelompok B RA Nurul Islam Bekasi (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Supriati, T., & Ismiatun, A. N. (2021). Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(5), 601-605

Downloads

Published

2022-07-12