UPAYA MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DALAM PEMBELAJARAN HOLISTIK INTEGRATIF PADA ANAK USIA DINI

Adelia Haryanto(1*), Heni Nafiqoh(2)

(1) Taman Kanak-kanak Qur’an (TKQ) Al Huda, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.
(*) Corresponding Author

Abstract


The right moment to instill values and education in humans occurs at an early age, including the status and rights of children which are one of the most important aspects in supporting the growth and development of the formation of disciplined characters. One of the educational methods that educators must teach students is holistic integrative. Integrative holistic education that requires continuity and suitability of services for children. This study aims to formulate efforts to develop disciplinary character education in integrative holistic learning in early childhood. This research was carried out at TKQ Al Huda Antapani. The subjects in this study were children aged 5-6 years, totaling 10 students. This type of research is descriptive qualitative research. The process of collecting data in this study is observation and interviews to analyze the data in a narrative manner. The results of this study have met the elements of disciplinary character education in integrative holistic learning. This results in the conclusion that efforts to develop disciplinary character education have been carried out according to the integrated holistic and holistic learning methods in PAUD.

Momen yang tepat untuk menanamkan nilai dan pendidikan pada manusia terjadi pada masa usia dini, termasuk status dan hak anak yang menjadi salah satu aspek terpenting dalam mendukung tumbuh kembang pembentukan karakter kedisiplinan. Salah satu metode pendidikan yang wajib pendidik ajarkan pada peserta didik adalah holistik integratif. Holistik integratif merupakan Pendidikan yang memerlukan kelanjutan dan kesesuaian layanan bagi anak. Penelitian ini mempunyai tujuanmerumuskan upaya mengembangkan pendidikan karakter kedisiplinan dalam pembelajaran holistik integratif pada anak usia dini. Penelitian ini di laksanakan di TKQ Al Huda Antapani. Subjek pada penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 10 peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian deskriftif kualitatif. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara dalam menganalisis data secara naratif.Hasil pada penelitian ini sudah memenuhi unsur pendidikan karakter kedisiplinan dalam pembelajaran holistik integratif. Dengan demikian menghasilkan kesimpulan bahwa upaya mengembangkan pendidikan karakter kedisiplinan sudah terlaksana sesuai metode dan pembelajaran holistik integratif yang ada di PAUD.


Keywords


Discipline Character; Integrative Holistic; Early Childhood

Full Text:

PDF

References


Einon, D. (2006). Learning Early Panduan Perkembangan Mental dan Fisik Buah Hati Anda. Jakarta Timur: Dian Rakyat.

Ibrahim, M. A. (2015). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: alfabeta

Laila, L. Z. I. (2013). Penyelenggaraan Program PAUD Holistik Integratif di PAUD Siwi Kencana Kota Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1).73-83. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/in-

dex.php/jnfc/article/view/2802

Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Muhadjir, N. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif .Yogyakarta Rake Sarasin. Na’imah, T. (2012). Pendidikan karakter (Kajian dari teori ekologi perkembangan). Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami).

Rubiyanto, N & Haryanto, D. (2010). Strategi Pembelajaran Holistik di Sekolah Jakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Sujiono, Y ,N. (2011). Konsep dasar pendidikan Anak Usia Dini .

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan karakter disiplin

di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(2). 286-295. https://doi.org/ 10.21831/cp.v2i2.2168




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v5i5.12030

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building H, First Floor, Room H-3

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id or jurnalceriapaud@gmail.com


Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2614-4107

View My Stats