IMPLEMENTASI PERMAINAN KONSTRUKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK PADA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Ihah Muflihah Raudhatul Athfal (RA) Miftahul Huda AL-Furqon, Kabupaten Cianjur, Indonesia
  • Ghina Wulansuci Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i5.12386

Keywords:

Constructive Play, Creativity, Online Learning

Abstract

In March 2020 the government requested that the learning process be carried out online at all levels of education due to the Covid-19 pandemic. This is a challenge for PAUD to apply appropriate learning methods so that the learning process can run well. This study aims to describe the implementation of online learning to increase children's creativity through constructive games at Raudhatul Athfal Miftahul Huda AL-Furqon with research subjects 12 children in group B, this is motivated by researchers based on observational data that early childhood creativity in group B, still very low because the learning method is less interesting and boring. The method used in this research is the descriptive qualitative research method. Data collection techniques are through observation, interviews, and document studies with triangulation, data analysis techniques are carried out through the stages of data collection, data reduction, presentation of data, concluding, and verification. The results of this study indicate that constructive play can be done effectively in online learning to increase children's creativity, this shows an increase in every meeting because by playing constructively children can create, shape, and build something, product, work, or creation using objects. physical objects, such as blocks, crayons, bricks, flour dough, lego, clay, sand, playdough, etc. by unifying the symbolic ideas that are in the child's mind

Pada bulan Maret 2020 pemerintah mengimbau agar proses pembelajaran dilaksanakan secara daring disemua tingkat pendidikan akibat pandemi Covid-19. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi PAUD untuk menerapkan metode pembelajaran yang tepat agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring dalam upaya meningkatkan kreativitas anak melalui permainan konstruktif di Raudhatul Athfal Miftahul Huda AL-Furqon dengan subjek peniliti 12 anak kelompok B, hal ini dilatar belakangi oleh peneliti berdasarkan data hasil observasi bahwa kreativitas anak usia dini pada kelompok B, masih sangat rendah, dikarenakan metode pembelajaran yang kurang menarik dan membosankan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen dengan triangulasi.Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa permainan konstruktif dapat dilakukan secara efektif dalam pembelajaran daring untukmeningkatkan kreativitas anak, hal ini menunjukkan adanya peningkatan disetiap pertemuan, karena dengan bermain konstruktif anak dapat menciptakan, membentuk, dan membangun sesuatu, produk, karya atau kreasi dengan menggunakan objek-objek fisik, seperti balok-balok, krayon, batu bata,adonan tepung,lego, tanah liat,pasir, playdough,dan lain-lain, dengan mempersatukan simbolis gagasan gagasan yang ada dalam pikiran anak.

References

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran daring kombinasi berbasis whatsapp pada kelas karyawan prodi teknik informatika universitas pgri madiun. Jurnal Na- sional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 8(1), 81-86. https://doi.org/ 10.23887/janapati.v8i1.17204

Adhani, D. N., & Hanifah, N. (2017). Meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan bermain warna (Penelitian Tindakan Kelas pada anak kelompok B di RA Muslimat NU 107 Khodijah Kramat Duduksampeyan). Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(1), 64-75. https://doi.org/ 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v4i1.3569

Akbar, R. & Hawadi (2015). Pisikologi Perkembangan Anak, Mengenal sifat bakat dan kemampuan anak. Jakarta: PT. Grasindo

Asmawati, L. (2017). Peningkatan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran ter- padu berbasis kecerdasan jamak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145-164. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.10

Astriya, B. R. I. dan Kuntoro, S. A. (2015). Pengembangan Kreativitas dan Minat Be- lajar Anak Usia 3-4 tahun melalui Permainan Konstruktif. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 02(2), 131-144. https://doi.org/10.21831/jpp- m.v2i2.6329

Ghirardini, B. (2011). E-Learning Methodologies, Germany Federal of food, Agry Culture and Cunsumer Protection.

Gultom, A. N. (2017). Pengaruh Permainan Konstruktif Terhadap Perkembangan Motorik Anak Usia Dini Di Tk Harapan Bunda Kota Jambi. Pengaruh Permainan Konstruktif Terhadap Perkembangan Motorik Anak Usia Dini Di Tk Harapan Bunda Kota Jambi, 1-11.

Hurlock, E, B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1(alih bahasa:Meitasari Tjanadrasa). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mulyani, N. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: P.T. Rosda Karya. Mulyani, N. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Bandung: P.T. Remaja Rosda Karya.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bermain. Jurnal ilmiah guru “cofeâ€, 02.

Sadiah, N., Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2021). MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DENGAN AKTIVITAS MENGGAMBAR DI RA AL HIKMAH CISARUA. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif). 4 (5). 552-560. http://dx.doi.org/10.22460/ ceria.v4i5.p%25p

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vebianti, I. N. (2013).Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Konstruktif pada siswa Kelompok B2 di RA Pandanaran Yogyakarta. Skripsi.

Downloads

Published

2022-09-30