MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4 – 5 TAHUN MELALUI PERMAINAN MoBIS

Habibah Siti Khodijah(1*), Ema Aprianti(2), Mariyati Mariyati(3)

(1) Raudhatul Athfal (RA) As Salam, Kab. Bandung, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.
(3) Taman Kanak-kanak (TK) PGRI Batokan, Provinsi Jawa Timur
(*) Corresponding Author

Abstract


This research is motivated by the low fine motor skills of children at RA AS SALAM, learning in schools that requires children to be able to write, draw and fold, but not all children cannot write, draw and fold. This study uses a classroom action research method with Kurt Levin's model consisting of planning, acting, observing, reflecting. Sources of data from this study amounted to 18 children consisting of 5 girls and 5 boys. The results showed that the MoBIS game can improve children's fine motor skills, this can be seen from the initial condition increasing to cycle I, in the initial condition the children who have reached BSB (Very Good Development) are only 0% and then in the first cycle muscle strength the child's hands are starting to get strong but there are still some people who are not strong, children who have reached BSB (very well developed) increased to 40% or an average value of 71.8, continued in the second cycle of children's fine motordevelopment to increase with a percentage increase of 80 % or with a value of 76.9.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan motorik halus anak di RA AS SALAM, pembelajaran disekolah yang menuntut anak agar supaya bisa menulis, menggambar dan melipat, namun tidak semua anak tidak dapat menulis, menggambar dan melipat.Namun kemampuan motorik halus anak tidak akan meningkat dengan tidak adanya stimulus antara dirumah dan disekolah, sehingga sekolah meneyediakan permainan MoBIS sebagai solusiTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui permainan MoBIS yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di Kelompok A RA As Salam. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif, data yang yang telah diperoleh diolah dengan Teknik persentase. Wawacara, observasi dan dokumentasi digunakan untuk Teknik pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah10anak yang terdiri dari 5anakperempuan dan 5anak laki – laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan MoBIS dapat meningkatkan kemampuan Motorik halus anakpada siklus II perkembangan motorik halus anak menjadi meningkatdengan persentase peningkatan sebanyak 80% atau dengan nilai 78,9.


Full Text:

PDF

References


Aghnaita, A. (2017). Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 219-234.

Amelia, M., & Aprianti, E., (2020). Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Ter-Hadap Membaca Anak Usia Dini. 3(6), 2714–4107.

Arikunto, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati, J (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Indraswari, L. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1-13.

Istiqomah, I., & Nafiqoh, H. (2020). PENERAPAN PERMAINAN MoBIS TERHADAP “PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 290-296.

Purnama, S., Pratiwi, H., & Rohmadheny, P, S., (2020). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sahanah, S., & Aprianti, E. (2018). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK LOKOMOTOR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BOI-BOIAN PADA KELOMPOK B DI TK ISLAM RUMAH ILMU CIMAHI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(3), 24-29

Tartila, E. Q., & Masnipal, M. (2017). Analisis Terhadap Pembelajaran dengan Permainan MoBIS BASIC dalam meningkatkan kemampuan Motorik halus pada anak usia 5-6 tahun. Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 1-7.

Undang-undang No 20 Tahun 2003 Pasal 8 tentang Pendidikan Anak Usia Dini.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v6i1.12674

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building H, First Floor, Room H-3

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id or jurnalceriapaud@gmail.com


Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2614-4107

View My Stats