IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENI TARI TRADISIONAL DALAM MENGEMBANGKAN KE-MAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK PADA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Iis Istiqomah Pos PAUD Setia Mandiri, Kota Bandung, Indonesia
  • Agus Sumitra Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.
  • Ririn Hunafa Lestari Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.
  • Dewi Salfitri Elshap Program Studi Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i1.14602

Keywords:

Art of Dance, Gross Motor Skill, Online Learning

Abstract

This research is motivated by the fact in the field that the gross motor skills of early childhood group B PAUD Setia Mandiri are still low due to the selection of learning methods that are less interesting and less varied during online learning. The traditional dance method is the chosen learning method to develop children's gross motor skills in online learning. Therefore, this study aims to describe scenarios and the implementation of traditional dance methods on the gross motor skills of early childhood in online learning. This study uses a qualitative descriptive research method with the research subjects of group B children at Setia Mandiri PAUD, totaling 10 people. Collecting data using interview instruments, observation sheets, and documentation. Data were analyzed through data reduction, data display, and verification or concluding. This study shows the results that children's gross motor skills develop very well after the dance method is carried out for eight meetings according to the learning scenario when online learning is carried out. With traditional dance art performed online, learning activities become fun for children so that children can express their bodies according to the dances that are applied to the learning process.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta di lapangan bahwa kemampuan motorik kasar anak usia dini kelompok B Pos PAUD Setia Mandiri masih rendah dikarenakan pemilihan metode pembelajaran yang kurang menarik dan kurang bervariasi selama pembelajaran dilakukan dalam jaringan (daring). Melalui metode seni tari tradisional sebagai metode pembelajaran yang dipilih untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak pada pembelajaran daring. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skenario dan implementasidari metode seni tari tradisional terhadap kemampuan motorik kasar anak usia dini dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian anak kelompok B Pos PAUD Setia Mandiri  yang berjumlah 10 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa kemampuan motorik kasar anak berkembang sangat baik setelah dilakukan metode seni tari selama delapan kali pertemuan sesuai dengan skenario pembelajaran disaat pembelajaran daring dilaksanakan. Dengan seni tari  tradisonal yang dilakukan secara daring, kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan bagi anak nak sehingga anak mampu mengekspresikan tubuhnya sesuai dengan tarian yang diterapkan pada proses pembelajaran. 

References

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Pem-belajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Decaprio, R. (2013), Pembelajaran Motorik, Yogyakarta DIVA Press

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Men-dampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education). 4(2), 71-81.

Khaironi, M. (2020). Meningkatkan Ke-mampuan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Media Bahan Alam Pada Kelompok B. Jurnal Golden Age. 4(02), 261-266.

Kusumastuti, (2009). Pendiidkan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta, GAYA MEDIA

Mulyani, (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini , Yogyakarta Gaya Medi

Munir, . (2020), Pembelajaran Jarak Jauh Bandung ALPABETA

Rachmi, (2012). Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta, Gaya Media

Ramlan, (2012). Pendidikan Seni Tari dan Drama, Universitas Pasundan

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah. 17(33), 81-95.

Sugiyono (2020), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung Alpabeta Bandun

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajar an Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kem-bang Anak Usia Dini. 5(3), 133-140.

Wiyani, (2016). Konsep Dasar PAUD, Yogyakarta GAYA MEDIA

Downloads

Published

2023-01-29