IMPLEMENTASI KEGIATAN MENCETAK GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B PADA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Khani Noor Sofyani Taman Kanak-kanak Puzzle, Kabupaten Bandung
  • Ema Aprianti Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i1.14608

Keywords:

Online Learning, Fine Motor Skills, Printing Pictures

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang dilakukan di kelompok B TK Puzzle mengenai kemampuan motorik halus pada anak belum berkembang sesuai tahapan usianya. Seperti ada beberapa anak yang menunjukan belum mampu dalam motorik halusnya melalui berbagai kegiatanseperti mencetak gambar. Permasalahan di atas mengidentifikasi bahwa anak pada kelompok B mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan motorik halus, seperti kurangnya pembelajaran kegiatan dalam eksplorasi di lingkungan sekolah, kurangnya stimulus dalam pembelajaran motorik halus seperti menggambar, merobek, menempel, mewar- nai yang dilakukan pembelajaran secara daring. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi kegiatan mencetak gambar terhadap kemampuan motorik halus pada pembelajaran daring. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 8 anak diantaranya 3 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perem- puan dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisis data menggunakan reduksi data, dispay data dan menarik kesimpulan dari penelitian ini bahwa melalui kegiatan mencetak gambar kemampuan perkembangan mo- torik halus anak TK Puzzle meningkat secara signifikan yang dilakukan melalui pembelajaran daring.

This research was motivated by the results of observations made in group B of Puzzle Kinder- garten regarding fine motor skills in children who have not developed according to their age stages. As some children show that they are not yet capable of fine motor skills through various activities such as printing pictures. The problems above identify that children in group B have difficulty in developing fine motor skills, such as a lack of learning activities in exploration in the school environment, lack of stimulus in fine motor learning such as drawing, tearing, past- ing, and coloring which is done online learning. The purpose of this study is to find out the im- plementation of image printing activities on fine motor skills in online learning. This research method uses a descriptive qualitative method with research subjects of as many as 8 children including 3 boys and 5 girls with data collection techniques using observation instruments, in- terviews, and documentation and data analysis using data reduction, displaying data, and draw- ing conclusions from the research. This means that through the activity of printing pictures, the fine motor development abilities of Kindergarten Puzzle Kindergarten children are significantly increased through online learning.

References

Gunarti, W. (2013). Metode pengembangan Perilaku dan kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Indayanti, Y.(2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCETAK GAMBAR DENGAN MEDIA BUAH PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PERSATUAN MAND- ING KECAMATAN PUCANGLABAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. From; http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/14.1.01.11.0154p.pdf

Istiriyani, I. (2015). PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI MENCETAK MENGGUNAKAN MEDIA PELEPAH UNTUK ANAK KELOMPOK B TK PKK 115 MANGIRAN BANTUL DIY. Pendidikan Guru PAUD S-1. From; https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/382

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2020). Tentang Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Daru- rat Covid-19.

Khadijah, M. A., & Amelia, N. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini: teori dan praktik. Prenada media.

Moleong, L. J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT . Remaja Rosda Karya

Novianti, R. (2016). PENGARUH PEMBELAJARAN SENI TEKNIK MENCETAK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA INDRALAYA SELATAN (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Cicih, S., & Nurdiana, J. (2016). Modul Guru Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Kelompok Kompetensi C. Kurikulum dan Program Pembelajaran TK. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa, Direktorat Guru dan Tenaga Kepen- didikan. PPPPTK TK DAN PLB Bandung.

Permendikbud 137 Tahun 2014. Standar Pendidikan Anak usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan formal.

Ristiani, D., & Badroeni, B. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mencetak Dengan Menggunakan Bahan Alam. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 104-117. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.200

Sujiono, B. (2014). Metode Pengembangan Fisik. Tangerang selatan: Universitas terbu-

ka.

Suhartini, Y., & Aprianti, E. (2019). UPAYA GURU MENINGKATKAN PERKEM-

BANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE DEMOSTRASI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 309-315. http://dx.- doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p309-315

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Keperguruan Tinggi.

Suwardi,( 2017). Menajemen Peserta didik. Yogyakarta: Gaya Media

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan

Nasional.

Yanti, D., Ayu, C., & Syahrial, S. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCETAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PELEPAH PISANG PADA ANAK KELOMPOK B TK DARUL YAQIN DESA KOTO RANAH. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 1(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/ view/1273

Downloads

Published

2023-01-24