PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK USIA DINI: MENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE TANYA JAWAB

Authors

  • Afni Sukowati Muti Taman Kanak-kanak (TK) Mutiara Hati Katapang, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat
  • Lenny Nuraeni Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provins Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i3.16258

Keywords:

Language Skills, Question and Answer Method

Abstract

Artikel ini dilatarbelakangi karena kurangnya stimulasi dalam kemampuan bahasa anak pada kelompok A di TK Mutiara Hati. Oleh karena itu sebab adanya permasalah di TK Mutiara hati khususnya kelompok A kemampuan Bahasanya masih perlu untuk ditingkatkan, dan perlu adanya Tindakan yang akan bisa merubah kemampuan Bahasa pada anak. Dari penjelasan tersebut maka peneliti menggunakan metode tanya jawab untuk diterapkan dalam penelitian ini untuk mencapai tujuan meningkatkan kemampuan Bahasa anak, adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Bahasa anak melalui metode tanya jawab. Penelitian ini dilaksanakan di TK Mutiara Hati yaitu pada anak kelompok A yang berjumlah 5 anak, yaitu 2 laki-laki dan 3 perempuan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara dan analisis data menggunakan display data, reduksi data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan bahasa anak hasil akhir penilaian peseta didik Di, Za, Fi, Na dan Rn memperoleh penilaian berkembang sangat baik (BSB). terlihat dalam penilaian yang telah dilakukan pada indikator yang telah ditentukan.

This article is motivated by the lack of stimulation in children's language skills in group A at Mutiara Hati Kindergarten. Therefore, because of the problems in Mutiara Hati Kindergarten, especially group A, their language skills still need to be improved, and actions are needed that will be able to change language skills in children. From this explanation, the researchers used the question-and-answer method to be applied in this study to achieve the goal of improving children's language skills, while the purpose of this study was to improve children's language skills through the question-and-answer method. This research was conducted at Mutiara Hati Kindergarten, namely in group A children, totaling 5 children, namely 2 boys and 3 girls. The method in this study uses a qualitative descriptive method with data collection techniques using observation, documentation, and interviews and data analysis using data display, data reduction, and concluding. Based on the results of research on children's language skills, the final results of the assessment of students Di, Za, Fi, Na, and Rn obtained a very well-developed assessment (BSB). seen in the assessments that have been carried out on predetermined indicators.


References

Amelia, M., & Aprianti, E. (2020) PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN BAHASA TER-HADAP MEMBACA ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(6), 527-536.http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i6.p%25p

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum Edisi Revis Cetakan Keempat. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Doludea, A., & Nuraeni, L., (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA MELALUI WAYANG KERTAS DI TKMAKEDONIA. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(1), 1-5. http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v1i1.p1-5

Farhanah, H. R., & Nuraeni, L. (2022). PEMBELAJARAN DARING DALAM MENSTIMULUS KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE MENDONGENG PADA KELOMPOK B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(3). http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v5i3.10796

Nuraeni, L.(2015). jurnal kebahasaan anak usia 0 sampai 3 tahun menurut tataran morfologi. Pemerolehan Morfologi Verba Pada Anak Usia, 3(4), 13-30. https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p13-30.89

Nuraeni, L. (2016). DESAIN PAUD ACCESSIBLE BAGI SEMUA. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1-17. https://doi.org/10.22460/empowerment.v5i1p1-17.552

Robbiyah, R., & Nuraeni, L., (2019) PENERAPAN MEDIA VISUAL GUNA MENAMBAH KECAKAPAN BERPENDAPAT SIMBOLIS PADA ANAK PADA KELOMPOK B. Jurnal Ceria(Cerdas,Energik,Responsif,Inovatif Adaptif), 2(5), 181-188. http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p181-188

Moleong, L., J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Setyanto, A. (2014). Panduan Sukses Komunikasi Belajar-Mengajar. DIVA Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendiidkan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Virgianti, F., & Rohmalina, R. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL DI PAUD MELATI 04 PADASUKA. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 496-501. http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25p

Zakiah, I, & Jumiatin, D. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA ANAK KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN Jurnal Ceria (Cerdas,Energik,Responsif,Inovatif Adaptif), 4(3), 275-280. http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v4i3.p%25p

Downloads

Published

2023-05-26