MEDIA DADU KATA BERGAMBAR QUICK RESPONSE CODE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Hanadiah Hanadiah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat
  • Rohmalina Rohmalina Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

Beginning Reading Ability, Picture Word Dice, Quick Response Code (QR Code)

Abstract

Kemampuan membaca permulaan pada pendidikan anak usia dini Merupakan suatu tuntuan pada masa ini, dimana banyak orang tua yang mengkawatirkan anaknya ketika belum dapat membaca terutama anak usia 5-6 tahun yang akan memasuki jenjang pendidikan formal, disamping itu dalam mengajarkan membaca permulaan juga diperlukan upaya guru dalam menyajikan pembelajaran membaca yang menarik sehingga anak tidak merasa terbebani maka diperlukan media yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B yaitu anak yang berusia 5-6 tahun melalui penggunaan media dadu kata bergambar berbasis Quick Response Code (QR Code). Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis data deskriptif. Subjek penelitian ini adalah lima orang anak kelompok B di TK Kartika X-14 dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B dengan menggunakan media dadu kata bergambar berbasis Quick Response Code (QR Code). Diperoleh hasil akhir penelitian terhadap lima orang subjek penelitian dua orang anak kemampuan membaca permulaannya mulai berkembang dan tiga orang anak kemampuan membaca permulaanya sudah berkembang sesuai harapan.

The ability to read early in early childhood education is a demand at this time, when many parents are worried about their children when they cannot read, especially children aged 5-6 years who will enter formal education, in Teaching early reading, teachers efforts are also needed. In presenting interesting reading learning so that children do not feel burdened, interesting and fun media is needed for children. Therefore, this study aims to improve early reading skills in group B children, namely children aged 5-6 years through the use of Quick Response Code (QR Code) based on illustrated word dice media. This research method uses descriptive qualitative research with descriptive data analysis. The subjects of this study were five children’s in group B in TK Kartika X-14 and the data-collection technique was through observation and documentation. Based on the results of this study, showed an increase in initial reading ability in group B children by using the Quick Response Code (QR Code)based picture word dice media. The final results of the study were five research subjects, two children's initial reading ability began to develop and three children's initial reading ability had developed as expected.

References

Andayani, S. (2021). Bermain sebagai sarana pengembangan kreativitas anak usia dini. JURNAL AN-NUR : Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(01), 230–238. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/87

Axelino, A., & Ahmad, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Quick Response Code (QR Code) pada Materi Volume Bangun Ruang dan Perpangkatan Serta Penarikan Akar Pangkat Tiga terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1). 2584-2599. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3816

Depriyanti, L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dadu Kata Bergam-bar Terhadap Hasil Belajar Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Ii Di Sdn 61 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU). http://repository.iainbengkulu.ac.id/3654/

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. 10.21831/hum.v21i1.38075

Suryani, N. (2018). Media Pembelajaran Inovatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Nurrahman, A. (2019). Peran Serta Media Pembelajaran Dalam Memfasilitasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 101–105. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24453

Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372

Senadianto, S. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Muka Haji Kecamatan Gunung Bintang Awai Kabupaten Barito Selatan. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 6(2), 73-81. https://doi.org/10.52160/e-jmp.v6i2.900

Shobaha, A. N. L. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Suku Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B di TK Sejahtera Desa Mertani Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(2). 93-103. https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i2.29972

Sofiani, W. (2012). Peningkatan Membaca Anak Melalui Permainan Dadu Kata Bergambar Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Naras Pariaman. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(4). 1-12. https://doi.org/10.24036/1665

Sumiati, A. Y., & Komala, K. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Permainan Kotak Huruf Pada Kelompok B. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(6), 591-601. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i6.p%25p

Virgianti, F., & Rohmalina, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Audio-Visual Di Paud Melati 04 Padasuka. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 496-501. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25p

Downloads

Published

2023-09-06